Ukuran Pas Foto 2×3 Sesuai Standar

  • Whatsapp

Ada 3 jenis pas foto yang umum digunakan di Indonesia yaitu foto 2×. Masing-masing pasfoto tersebut menggunakan satuan cm (centimeter) ketika dicetak. Foto 2×3 berarti 2cm x 3cm, pas foto 3×4 berarti 3cm x 4cm dan pas foto 4×6 berarti 4cm x 6cm.

Namun jika kita ukur lebih teliti pada hasil cetak dari studio foto terkadang ukurannya lebih kecil beberapa milimeter. Terkadang ada juga yang lebih besar beberapa milimeter.

Lalu berapa sebenarnya ukuran resmi dari masing-masing pas foto tersebut dalam cm, mm, inci dan pixel?

Sebenarnya tidak ada aturan resmi untuk ukuran pas foto saat dicetak atau disimpan. Ada sebagian orang yang mengurangi tiap sisi sebesar 1 mm sebagai frame atau border putih. Ada juga yang tidak menggunakan frame putih tersebut, dan sebagainya. Jika kita cari di Internet maka akan ada banyak versi.

Namun sebagian besar studio foto menggunakan ukuran tersendiri yang cukup populer. Ukuran tersebut menjadi standar tersendiri di kalangan photo studio. Meskipun demikian tidak semua studio menggunakannya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah tabel ukuran masing-masing pasfoto dalam berbagai satuan cm, mm, inci dan pixel.

Ukuran Pas Foto Sesuai Standar

terlihat bahwa foto 3×4 dan 4×6 memiliki ukuran lebih kecil beberapa milimeter dari ukuran aslinya. Hal ini dimanfaatkan untuk menambahkan border putih di sisi-sisi foto sekitar 1mm. Namun pada ukuran foto 2×3 terlihat berbeda dengan yang lainnya. Lebar foto tersebut lebih besar dari ukuran aslinya (lebih dari 2cm).

Untuk lebih jelasnya beserta cara menggunakan ukuran di atas, cara menyimpan dan mencetaknya mari kita bahas satu-persatu.

Pas Foto 2×3

Foto 2×3 merupakan jenis pasfoto yang paling kecil di Indonesia. Penggunaannya biasanya untuk keperluan buku nikah.

Ukuran Foto 2×3 dalam cm

Ukuran pas foto 2×3 dalam satuan centimeter adalah 2.16 cm x 2.79 cm. Artinya lebar pasfoto ini adalah 2.16 cm sedangkan tingginya adalah 2.79 cm. Lebarnya memang lebih dari 2 cm sedangkan tingginya kurang dari 3 cm. Namun ukuran tersebut sangat direkomendasikan sesuai standar.

Ukuran Foto 2×3 dalam mm

Foto 2×3 dalam satuan milimeter adalah 21.6 mm x 27.9 mm. Lebar dari pasfoto tersebut adalah 21.6 mm dan tinggi dari pasfoto adalah 27.9 mm.

Ukuran Foto 2×3 dalam inci

Foto 2×3 dalam inch adalah 0.85 in x 1.11 in. Lebarnya adalah 0.85 inch dan tingginya adalah 1.11 inch.

Ukuran Foto 2×3 dalam pixel

Ukuran pas foto 2×3 dalam pixel adalah 255 x 330 pixels. Ukuran tersebut menggunakan DPI 300 yang merupakan standar dpi yang sangat disarankan ketika mencetak.

Pixel dan DPI adalah 2 hal yang tak terpisahkan. Untuk menggunakan satuan pixel di atas maka kita juga harus mengatur dpi menjadi 300. Jika tidak mengaturnya maka biasanya dpi yang digunakan adalah 72dpi. Jika dicetak langsung maka hasilnya akan berukuran sangat kecil. Agar lebih jelas, simak caranya untuk aplikasi Photoshop di bawah ini.

Cara Mengatur Foto 2×3 di Photoshop

  1. Buka aplikasi Photoshop
  2. Klik File > New.
  3. Pilih satuan Pixels pada bagian Width dan Height.
  4. Masukkan Width = 255. Sedangkan pada Height = 330.
  5. Isi Resolution = 300. Pastikan resolusi yang dipilih adalah Pixels/Inch.
  6. Klik OK. Maka ukuran kanvas sudah sesuai dengan foto 2×3.
  7. Kemudian Paste foto yang ingin dijadikan pasfoto 2×3 di kanvas tersebut.
  8. Simpan jika sudah selesai mengedit.

Jika ingin memperkecil ukuran foto menjadi pasfoto 2×3 maka sebaiknya gunakan aplikasi IrfanView. Aplikasi tersebut sangat ringan dibandingkan Photoshop dan lebih mudah digunakan jika tujuannya hanya untuk memperkecil foto.

Related posts