Tips Membuat Anda Lebih Pintar dan IQ Bertambah

  • Whatsapp
IQ Bertambah, Pintar

Salah satu tingkat pengukuran kecerdasan yang sering digunakan saat ini adalah pengukuran dengan IQ. Banyak yang menganggap bahwa IQ menjadi salah satu indikator kemampuan intelegensi yang dimiliki oleh seseorang. Nah, karena ternyata IQ bisa meningkat, apakah sebenarnya tips meningkatkannya?

Apa Itu IQ?

Sebelum menggali informasi lebih lanjut tentang cara meningkatkan IQ, ada baiknya bagi anda mengetahui apa itu IQ? IQ merupakan ukuran yang digunakan untuk menilai kecerdasan seseorang. Nah, hal ini sebenarnya cukup bermanfaat karena seseorang yang memiliki IQ tinggi tentu saja lebih bisa berpikir dan bertindak lebih baik.

Seorang psikolog mengungkapkan bahwa IQ menunjukkan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menguasai serta mengolah segala hal yang terdapat dalam lingkungan dengan baik. Biasanya, seseorang yang memiliki IQ tinggi akan lebih mudah memecahkan masalah dalam hidupnya.

Awalnya istilah pengukuran IQ mulai ada sejak tahun 1900-an yang dipopulerkan oleh seorang Psikolog yang berasal dari Perancis yakni Alfred Binet. Ada berbagai jenis tes standar yang harus dilakukan ketika seseorang ingin mengikuti test IQ, test tersebut yakni skala kecerdasan untuk anak, dewasa hingga skala yang digunakan untuk Intelegensi Stanford-binet.

Temukan Sistem Belajar Tepat

Salah satu tips meningkatkan IQ yakni dengan menemukan sistem belajar yang tepat. Salah satu jenis sistem belajar yang tepat dan bisa dilakukan yakni sistem belajar yang aktif. Ketika kita sedang membahas peningkatan IQ tentu saja sistem belajar yang tepat menjadi salah satu langkah yang bisa anda tempuh untuk meningkatkan IQ buah hati. Orang tua harus mendorong anak menjadi lebih aktif dalam belajar yakni tidak hanya menghabiskan waktu untuk mendengarkan pelajaran namun juga mencari pengembangan ilmu yang lain melalui keaktifan yang dimilikinya.

Beri Stimulan Otak

Langkah kedua yang bisa anda lakukan ketika ingin meningkatkan IQ yakni dengan melakukan hal – hal yang bisa memberikan stimulus untuk otak. Ada banyak permainan yang bisa digunakan untuk memberikan stimulus pada otak misalnya bermain puzzle, bermain catur bahkan bermain susunan balok. Permainan tersebut bukan hanya sekedar permainan namun ketika dilakukan juga bisa melatih kemampuan daya pikir hingga kemampuan otak untuk mengingat.

Jika perlu sebagai orang tua ada juga bisa memberikan musik saat anak sedang belajar. Musik juga berguna untuk membuat anak mendapatkan suasana belajar yang riang dan gembira. Nah, selain bisa memberikan ketenangan dalam belajar ternyata musik juga berguna untuk meningkatkan IQ tidak hanya untuk anak namun juga untuk orang tua. Salah satu jenis musik yang bisa diperdengarkan kepada anak yakni musik klasik misalnya Mozzart.

Aktivitas lain yang juga berguna untuk merangsang memori otak yakni dengan permainan misalnya teka – teki silang, Sudoku, permainan kocok kartu. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa permainan tersebut memiliki efek yang cukup baik untuk perkembangan otak.

Tanamkan Kedisiplinan

Hal yang cukup penting dalam meningkatkan kecerdasan pada anak yakni dengan mengajarkan kedisiplinan pada anak. Ternyata kedisiplinan tidak hanya berguna untuk membangun karakter yang baik pada anak namun juga berguna untuk meningkatkan IQ pada anak. Charless Duhigg dalam bukunya juga mengungkapkan bahwa anak yang memiliki sikap disiplin sejak kecil ternyata sangat mempengaruhi tingkat kecerdasan yang dimilikinya.

Berikan Buku

Seperti yang kita tahu bahwa “buku adalah jendela ilmu” oleh karena itu salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan pada buah hati yakni menanamkan kebiasaan membaca. Philips serta para ilmuwan lain juga menunjukkan bahwa usaha yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam meningkatkan kecerdasan anak yakni dengan mengajarkannya kebiasaan membaca buku.

Menu Sehat untuk Otak yang Cerdas

Nah, selain melakukan stimulus untuk meningkatkan kecerdasan otak dengan berbagai cara yang sudah disebutkan sebelumnya anda juga perlu memberikan nutrisi yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan buah hati.

Sayuran menjadi bahan pertama yang perlu anda siapkan untuk membantu anak meningkatkan IQ. Apalagi sayuran mengandung berbagai vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh otak untuk bisa berpikir. Pilih jenis sayuran yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Beberapa sayur yang bisa dipilih yakni paprika merah, brokoli, wortel yang mengandung betakaroten yang dikenal cukup bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan serta perkembangan otak.

Selain itu anda juga bisa menambahkan buah tomat yang dikenal memiliki kandungan likopen yang cukup tinggi dan kandungan ini ternyata memiliki manfaat yang cukup baik dalam perlindungan membrane otak. Bayam juga bisa menjadi pilihan karena buah ini dikenal mengandung banyak vitamin B9 dan lysine yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Buah – buahan juga bisa ditambahkan misalnya buah yang kaya vitamin C dan E. Serta jangan lupa untuk menambahkan ikan yang kaya Omega-3, DHA, serta EPA.

Related posts