Pelu kalian ketahui, bahwa paparan sinar matahari itu menjadi salah satu penyebab dari munculnya pada kulit wajah.masalah flek hitam. Bukan hanya itu, paparan sinar matahari juga bisa membuat kulit menjadi rentan iritasi, terbakar, dan berwarna kemerahan lho! Itu sebabnya, mengapa penggunaan sunblock sangat penting bagi mereka yang banyak beraktifitas diluar ruangan.

Manfaat Sunblock

Manfaat Sunblock

* Memudarkan Bekas Jerawat

Manfaat sunblock yang pertama adalah dapat memudarkan jerawat. Pada dasarnya yang namanya bekas jerawat/hyperpigmentation akan sembuh dengan sendirinya. Namun, saat terkena paparan sinar matahari, produksi melanin akan meningkat. Sehingga warna bekas jerawat di kulit wajah pun akan semakin menggelap. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa menggunakan sunblock sehingga produksi melamin pun akan terhambat. Dengan demikian, bekas jerawat juga akan lebih cepat memudar.

* Bisa Bikin Awet Muda

Perlu diketahui bahwa sinar UVA bisa mengancurkan kandungan kolagen serta elastin pada kulit yang bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti kuli yang kusam, kering dan munculnya garis-garis halus. Oleh karena itu, pastikan tabir surya ini anda gunakan mengandung bahan-bahan seperti zinc oxida, avobenzone, dan titanium dioksida supaya bisa menagkal sinar UVA dengan baik.

* Mencegah Kanker Kulit

Manfaat sunblock selanjutnya adalah dapat mencegah kanker kulit. Selain penuaan dini, paparan sinar UVA bisa merusak jaringan sel kulit yang akan menyebabkan kanker kulit. Dalam hal ini, American Cancer Society memperkirakan ada sekitar kurang lebih 9.320 orang bisa meninggal yang diakibatkan oleh kanker jenis ini.

* Mencegah Kulit Terbakar

Jika paparan sinar UVA bisa dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini, sedangkan sinar UVB dapat menyebabkan sunburn atau kulit terbakar yang ditandai dengan rasa panas serta perih pada kulit.

* Meratakan Warna Kulit

Manfaat sunblock lainnya adalah dapat meratakan warna kulit. Dengan penggunaan sunblock secara teratur, dapat menghambat pertumbuhan melanin yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Jadi, selagi dilindungi kulit akan meregenerasi serta memperbaiki warna kulit kembali seperti semula.

* Primer Wajah

Bukan hanya untuk kesehatan saja, namun sunblock juga bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah sebagai primer sebelum menggunakan make up. Bahkan, sekarang ini ada beberapa produk sunblock yang memiliki kandungan silikon di dalamnya sehingga ketika diaplikasikan, maka wajah akan nampak halus dan tidak berminyak. Sebagai catatan. Jangan pernah anda menggunakan sunblock badan pada wajah anda. Pastikan sunblock yang anda gunakan adalah khusus untuk wajah.

* Melembapkan Kulit

Manfaat sunblock berikutnya adalah untuk melembapkan kulit. Bukan hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sunblock juga biasanya dilengkapi dengan kandungan lidah buaya dan minyak alami yang bisa menghidrasi kulit. Apabila kulit terhidrasi dengan baik, maka kulit anda akan lebih lembap dan kenyal dan terjaga keelastisitasnya.

* Menghambat Pertumbuhan Jerawat

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa sinar matahari dapat memicu terjadinya  oksidasi pada kandungan squalene di dalam kulit. Nah, jika squalene ini teroksidasi, maka pertumbuhan sebum pun akan bertambah serta pori-pori menjadi tersumbat yang akhirnya muncul jerawat baru. Jika kondisinya sudah demikian, maka sunblock berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari supaya squalene tidak teroksidasi.

* Dapat Mengunci Skincare

Perlu diketahui bahwa sunblock ini bisa dikategorikan sebagai occlusives, yakni sebuah kandungan yang bersifat menahan kulit kehilangan air serta kelembapan. Jadi, penggunaan tabir surya pada rangkaian akhir perawatan kulit anda akan mengunci seluruh nutrisi dan manfaat dari seluruh perawatan. Dengan demikian produk kecantikan yang anda gunakan akan memberikan hasil yang maksimal.

* Dapat Menutrisi Kulit

Manfaat sunblock yang terakhir adalah dapat menutrisi kulit. Kulit yang terawat nutrisinya akan membuat kulit akan tetap lembut dan kencang.

Nah, secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beberapa produk sunblock yang terbaiknya. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini.

  1. Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50

Votre Peau Facial Sun Shield merupakan produk tabir surya, dengan kemampuannya yang dapat memberikan hasil akhir yang tidak menampilkan white cast. Produk tersebut dikeas dalam bentuk botol tahan udara yang disertai dengan pump, yang dijamin lebih higienis karena terekspos secara minim serta tidak terkontak langsung dengan udara dari luar.

Bukan hanya itu, Votre Peau Facial Sun Shield juga tidak akan menyebabkan kulit menjadi iritasi maupun reaksi alergi. Dengan kata lain, produk sunblock yang satu ini cocok digunakan untuk semua tipe kulit. Tak hanya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, Votre Peau Facial Sun Shield pun efektif untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah lho. Mengenai harganya, Votre Peau Facial Sun Shield dibanderol sekitar Rp 240 ribuan.

  1. L’Oreal UV Perfect Aqua Essence SPF50 PA++++

L’Oreal UV Perfect Aqua Essence juga merupakan salah satu produk sunblock terbaik, yang tentu saja sangat direkomendasikan bagi kamu yang sering beraktivitas diluar ruangan. Produk ini diperkaya dengan kandungan adenosine dan micronized hyaluronic aicd, yang bekerja untuk melawan penuaan dini. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, L’Oreal UV Perfect Aqua Essence dilengkapi dengan kandungan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan, sehingga berfungsi untuk melawan radikal bebas dan polusi. Lantas, berapakah harganya? Menurut informasi yang di dapat, L’Oreal UV Perfect Aqua Essence dibanderol dengan harga sekitar Rp 110 ribuan.

  1. Parasol Face Sunscreen Cream SPF 33

Parasol Face Sunscreen Cream tampil dengan kemasan mini yang mirip obat salep. Itu sebabnya, banyak konsumen yang mengira bahwa Parasol Face Sunscreen Cream adalah obat salep. Meski demikian, produk ini sangat efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Menariknya lagi, sunblock yang sartu ini juga bisa kita jadikan untuk base makeup lho. Pasalnya, ia memiliki tekstur creamy lembut yang membuatnya mudah menyerap dan tidak lengket di kulit. Akan tetapi, daya tahan Parasol Face Sunscreen Cream hanya mampu bertahan selama 10 – 15 menitan. Itu artinya, Parasol Face Sunscreen Cream hanya cocok digunakan untuk aktivitas ringan saja. Mengenai harga, Parasol Face Sunscreen Cream dibanderol sekitar Rp 56 ribuan.

  1. Emina Sun Protection SPF 30

Produk sunblock terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni Emina Sun Protection. Sunblock tersebut memiliki kandungan SPF 30 dan PA+++, yang membuatnya sangat efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Bukan hanya itu, ia juga diperkaya dengan kandungan ekstrak aloe vera dan emollient yang mampu memelihara kelembapan kulit. Teksturnya sangat ringan sehingga nyaman digunakan dan mudah meresap kedalam kulit. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, produk ini juga efektif untuk mengatasi dan mencegah masalah jerawat lho. Soal harga, Emina Sun Protection ini hanya dibanderol Rp 35 ribuan saja.