Kereta api menjadi mode transportasi yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Selain karena murah, kereta api sekarang juga tergolong cepat. Tak ayal, setiap kali musim liburan tiba, tiket kereta selalu ludes terjual. Kalau tidak ingin mengalami hal tersebut, alangkah baiknya memesan tiket kereta jauh – jauh hari, minimal H-30 sebelum keberangkatan. Bahkan, beberapa situs kereta api membuka pemesanan tiket hingga H-90 saat mendekati lebaran.

Namun masih banyak orang yang bingung, terlebih bagi yang pertama kali naik kereta. Pasalnya, sekarang ada yang namanya syarat check in sebelum naik kereta. Mungkin beberapa dari kamu masih bingung dan penasaran, bagaimana cara naik kereta api dengan aman dan mudah? Apa saja yang harus kamu lakukan.

Nah buat kamu yang memang baru pertama kali akan naik kereta api, berikut ini langkah – langkah naik kereta api untuk pemula. Caranya cukup mudah dan tidak terlalu ribet.

Lakukan pemesanan tiket kereta api

Jika zaman dulu, untuk mendapatkan tiket kereta api, calon penumpang harus rela mengantri berjam – jam di loket stasiun. Tetapi sekarang semuanya sudah mudah karena kamu bisa pesan tiket kereta api secara online. Pemesanan bisa kamu lakukan di situs resmi kereta api, yakni PT. KAI.

Selain itu, kamu juga bisa memesan di salah satu partner resmi PT KAI yang menjual tiket kereta api online, yakni Traveloka. Kamu bisa memesan tiket kereta api secara online, melalui website atau aplikasi Traveloka. Untungnya lagi, kamu bisa memilih jenis tempat duduk dan kelas yang sesuai kebutuhan kamu. Jika memang masih bingung pilih kelas kereta api, kenali terlebih dahulu perbedaan kelas dan sub kelas kereta api sebelum memesan tiketnya.

Setelah melakukan pembelian, jangan lupa simpan kode booking yang telah kamu dapatkan via e-mail. Kode booking inilah yang akan kamu gunakan untuk check-in dan mendapatkan boarding pass. Tapi kalau tiket dalam bentuk e-ticket, maka kamu tidak perlu mencetak boarding pass. Paling penting adalah menyimpan kode booking dengan baik.

Check-in dan cetak boarding pass

Langkah yang satu ini masih menjadi banyak pertanyaan orang yang baru pertama kali naik kereta. Untuk bisa naik kereta, kamu butuh yang namanya check-in. Untuk melakukan hal ini, kamu harus datang ke mesin check-in mandiri atau CTM yang sudah ada di setiap stasiun keberangkatan masing – masing. Cukup masukan kode booking yang sudah kamu terima pada kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya periksa dan cetak boarding pass. Boarding pass ini biasanya berisi nama penumpang, tanggal keberangkatan, nama kereta api, tanggal kedatangan, nomor gerbong dan nomor tempat duduk.

Jika sudah mencetak boarding pass, berarti proses check-in sudah selesai kamu lakukan. Simpan boarding pass ini dengan baik untuk ditunjukan nantinya ke petugas sebelum masuk ke peron. Perlu diketahui, beberapa stasiun yang belum menerapkan sistem check-in, biasanya sudah menyediakan mesin cetak tiket mandiri yang bisa kamu gunakan untuk mencetak tiket keretamu.

Tunjukan boarding pass dan kartu identitas pada petugas

Langkah ketiga ini dilakukan sebelum masuk ke peron. Kamu harus menunjukan boarding pass dan kartu identitas, berupa KTP kepada petugas. Nantinya boarding pass akan di scan dan cocokan dengan kartu identitas. Jika sudah selesai, tinggal masuk dan tunggu waktu keberangkatan. Jangan buang boarding pass, sebab nantinya petugas dalam kereta api akan melakukan pengecekan ulang.

Cari gerbong dan tempat duduk kamu

Langkah keempat adalah tanyakan pada petugas sebelah mana kereta akan datang. Jika sudah datang dan diperbolehkan untuk masuk, segera cari gerbong dan tempat duduk kamu. Simpan barang kamu di tempat penyimpanan barang yang ada di atas tempat duduk. Kemudian duduk dengan nyaman dan tunggu hingga kereta berangkat. Jangan lupa siapkan boarding pass dan kartu identitas karena akan ada petugas yang menghampiri dan menanyakannya.

Jika proses di atas sudah selesai, kamu tinggal duduk manis dan nikmati perjalanan bersama kereta api sampai ke stasiun tujuan. Rupanya, cara naik kereta api sangat mudah dan gak ribet.