Penyebab Data di PC Hilang, Begini Cara Mengatasinya!

  • Whatsapp
Penyebab Data di PC Hilang

Umumnya kita kerap kali menyimpan file, dokumen atau berkas yang benar-benar urgent. Salah satu media yang sering digunakan untuk menyimpan file dan dokumen penting adalah di perangkat komputer atau laptop yang banyak di pakai oleh banyak orang.

Sering kali kita mengabaikan dokumen penting yang kita miliki, atau kurang teliti dalam menjaganya. Bisa jadi beberapa file yang diabaikan terdapat dokumen yang sebenarnya sangat penting. Entah dokumen pekerjaan, tugas-tugas sekolah, atau mungkin foto kenangan yang telah lama kita simpan dengan baik agar tetap ada kenangan yang diingat melalui foto tersebut.

Untuk itu, kamu juga dapat menyimpannya dengan cara mengunci folder di laptop, atau dengan menyimpan dokumen dan berkas yang aman dan terhindar dari beberapa kejadian buruk yang terjadi pada dokumen atau file.

Melihat perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat berbagai aktivitas kegiatan menjadi semakin mudah, praktis dan simpel. Dengan begitu, banyak ancaman di dunia maya yang kini semakin besar yang bisa saja menyerang beberapa file dan dokumen penting kamu.

Penyebab Dokumen dan File Hilang di PC

Mungkin sebagian orang ada yang merasakan dan mengalami kejadian seperti dokumen dan file penting, kemudian hilang begitu saja pada komputer atau laptop.

Penyebab yang paling umum adalah terjadi karena terdapat kegagalan update perangkat keras, bisa juga virus yang menyerang pada sistem kinerja komputer atau laptop, bisa juga terjadi karena keteledoran pribadi atau disebabkan oleh orang lain, dan yang terakhir bisa jadi komputer atau laptop yang dipakai telah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika memang kamu adalah salah satu orang yang mengalami masalah seperti itu, kamu jangan terlalu khawatir. Karena ada solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi tersebut secara gampang dan mudah. Ada salah satu software untuk memulihkan data yang akurat dengan memiliki dukungan fitur yang sangat lengkap serta mudah dalam melakukan pengoperasian, dan memungkinkan bagi para penggunaannya tidak ada kendala kesulitan dalam memakai perangkat software tersebut.

Salah satu perangkat software yang digunakan adalah dengan menggunakan free recovery software yang dimiliki oleh vendor EaseUS yang bernama EaseUS Data Recovey Wizard. Antar muka tersebut sangatlah friendly, yang membuat pengguna awam sekalipun dapat mudah untuk mengaksesnya atau menggunakannya. Bagaimana cara untuk mengembalikan file dan dokumennya?

Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Komputer

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara atau tips yang akan mengembalikan file dan dokumen yang telah terhapus di computer atau laptop kamu, berikut ulasannya :

  1. Langkah yang pertama yang perlu dilakukan adalah kamu bisa melakukan dengan mendownload software pemulihan data untuk PC sacara gratis. Dengan melalui website resmi. Pastikan dalam mendownload software, kamu menggunakan jaringan Wi-Fi agar lebih cepat.
  2. Langkah yang kedua, kamu bisa melakukan penginstall-an pada computer PC atau laptop.
  3. Langkah yang ketiga, bukalah software yang telah berhasil kamu install tadi.
  4. Langkah yang keempat, pilih drive atau lokasi folder untuk file yang telah terhapus beberapa sebelumnya terjadi pada computer atau laptop kamu. Kamu juga dapat memilih hard drive, partisi, atau perangkat eksternal lainnya.
  5. Langkah yang kelima, jalankan “scan” kemudian tunggulah sampai software selesai melakukan scanning dan menampilkan data kamu.
  6. Langkah yang keenam, akan muncul apa saja yang telah tersembunyi dan akan dapat dipulihkan.
  7. Langkah yang ketujuh, untuk mencentang data mana saja yang ingin kamu pulihkan. Lalu, kamu bisa klik “recover”.
  8. Untuk file yang terhapus akan kembali pada folder awal, file tersebut menghilang.

Related posts