Monitor Pertumbuhan Investasi Reksadana Lebih Aman dan Terpercaya Bersama DBS Treasures

  • Whatsapp
DBS Treasures

Sebelum mencoba investasi reksadana, tentunya Anda perlu mempelajari investasi tersebut, mulai dari mengetahui karakter/sifatnya, strategi investasi hingga risiko yang mungkin akan terjadi. Dalam melakukan investasi reksadana terdapat satu peran yang sangat penting dan cukup krusial, yaitu Manajer Investasi. Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, manajer investasi merupakan perusahaan yang berada dibawah naungan OJK untuk melakukan kegiatan usaha manajemen investasi.

Manajer investasi ini membantu Anda dalam mengoptimalkan hasil investasi reksadana yang dilakukan. Yang paling penting dalam memilih manajer investasi yang terpercaya dan profesional adalah dengan melihat rekam jejak kinerjanya. Anda bisa memastikan legalitas manajer investasi di situs OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yaitu ojk.go.id. Jangan sampai Anda hanya tergoda dengan iming-iming return yang tinggi, namun belum bisa dipastikan dengan jelas.

Pentingnya Peran Manajer Investasi dalam Investasi Reksadana

Dalam investasi reksadana tugas manajer investasi yaitu menentukan kinerja investasi dan memberikan kepastian atas lagi legalitas serta keamanan sebuah produk reksadana yang akan dikelolanya. Manajer investasi juga dikenal sebagai perusahaan yang akan mengelola dana yang terkumpul dari masyarakat dan dimasukkan dalam portofolio reksadana. Menurut Otoritas Jasa Keuangan beberapa peran dan wewenang manajer investasi dalam kegiatan usaha yaitu:

1. Mengelola Aset Investor

Tugas manajer investasi yang pertama yaitu membantu mengelola aset milik investor. Hal ini bukan berarti investor tidak bisa melakukannya sendiri, hanya saja manajer investasi membantu Anda dalam mencapai tujuan investasi yang diinginkan. Sebagai investor, Anda dapat memberikan sejumlah dana kepada manajer investasi untuk membeli reksadana dan dikelola olehnya.

Manajer investasi tersebut nantinya akan mengalokasikan dana yang Anda beri sesuai dengan jenis reksadana yang Anda pilih. Setidaknya terdapat empat Jenis reksadana yang bisa Anda pilih yaitu Reksadana pasar uang, reksadana campuran, Reksadana pendapatan tetap serta Reksadana saham.

2. Memilih serta Memutuskan Instrumen Investasi

Dalam melakukan investasi reksadana manajer investasi akan membantu Anda untuk memilih serta memutuskan instrumen investasi yang tepat. Keputusan investasi ini tentunya disesuaikan dengan data analisa yang dilakukan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dan cukup percayakan pada manajer investasi untuk menghasilkan keuntungan yang optimal.

3. Mengelola Portofolio Efek

Sebagai investor investasi reksadana, Anda juga bisa ikut memantau hasil investasinya dan melihat kinerja serta kepiawaian manajer investasi dalam mengelola portofolio investasi. Pasalnya manajer investasi memiliki wewenang untuk mengelola portofolio efek masalah tertentu sesuai perjanjian pengelolaan dana. Ini bersifat bilateral serta individual disusun berdasar aturan Pengawas Pasar Modal.

4. Membuat Keputusan untuk Menjual atau Melepas Instrumen Investasi

Tugas dan wewenang manajer investasi dalam investasi reksadana selanjutnya yaitu membuat keputusan kapan ingin menjual atau melepas instrumen investasi. Tentunya keputusan ini harus melalui beberapa perkembangan seperti melepaskan saham atau obligasi yang tidak baik. Pasalnya manajemen investasi akan berusaha untuk memastikan bahwa portofolio investasi yang dikelolanya memberikan performa yang bagus dan memuaskan investornya. Sehingga keputusan ini tidak dilakukan secara sembarangan.

5. Melaporkan Hasil Investasi

Investor investasi reksadana tentunya perlu percaya pada manajer investasi. Oleh sebab itu, manajer investasi juga ditugaskan untuk membuat laporan hasil investasi yang sudah dikelola kepada investor. Laporan ini biasanya dapat Anda akses secara online.

Monitor Pertumbuhan Investasi Reksadana Lebih Aman dan Terpercaya Bersama DBS Treasures

Melihat begitu pentingnya manajer investasi, membuat Anda perlu memilih perusahaan investasi yang tepat dan profesional dalam mengelola investasi reksadana lebih baik. Anda bisa melakukan investasi reksadana lebih aman dan terpercaya di bank prioritas DBS Treasures aja.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan investasi Reksadana di DBS Treasures yaitu:

1. Pengelolaan Investasi yang Profesional

Dengan melakukan investasi reksadana di DBS Treasures, investasi reksadana yang Anda lakukan akan dikelola oleh mitra manajer investasi yang profesional dan terkemuka untuk mengoptimalkan hasil kinerja produk

2. Memberikan Wawasan dan Memandu Berinvestasi

Bukan hanya mengoptimalkan hasil kinerja produk, dengan investasi reksadana di DBS Treasures, Anda akan mendapatkan wawasan tentang investasi dari tim ahli finansial.

3. Melakukan Diversifikasi

Melalui DBS Treasures, investasi reksadana akan melakukan diversifikasi penyebaran dana guna mengurangi risiko investasi. Di mana dana investasi yang dikelola akan diversifikasi kepemilikan ke banyak instrumen, sehingga jika terjadi penurunan dalam investasi maka bisa ditutupi oleh instrumen investasi lainnya.

4. Likuiditas Harian

Dengan likuiditas harian, pemegang Reksadana bisa kembali menjual kepemilikan sesuai dengan harga aktiva bersih di hari yang sama.

5. Investasi Terjangkau

Melalui DBS Treasures, semuanya diberi kesempatan untuk berinvestasi. Pasalnya Anda bisa mulai berinvestasi dengan dana fleksibel, namun memiliki potensi keuntungan yang besar dan memuaskan.

6. Pengawasan Pemerintah

Anda tak perlu khawatir dengan Keamanan investasi reksadana, karena investasi ini sudah diawasi dan diatur oleh pemerintah serta berada di bawah Otoritas Jasa Keuangan. Jangan khawatir akan terjadi permasalahan terkait legalitas investasi.

7. Kinerja Transparan

Agar tidak terjadi miskomunikasi dan kesalahpahaman maka kinerja harus dilaporkan dengan transparan. Investor akan mendapatkan hasil laporan Investasi Reksadana.

Itulah beberapa hal mengenai investasi reksadana beserta peran manajer investasi untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Kini Anda dapat bergabung menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures untuk menikmati beragam keuntungan investasi reksadana. Anda juga akan mendapatkan manajemen keuangan serta wawasan mencermati kebutuhan untuk mendapatkan keputusan akurat dan tepat.

Related posts