Menggunakan Kartu Kredit dengan Cerdas dan Menguntungkan Bagi Pemula

  • Whatsapp
Kartu Kredit

Tentu saja kita sudah tidak asing lagi ketika mendengar tentang kartu kredit, ya dengan alat pembayaran non tunai ini kita bisa membeli sesuatu yang kita butuhkan dan dibayar nanti ketika akhir bulan, dengan kata lain kebutuhan mendesak kita bisa kita penuhi secepat mungkin tanpa harus menunda. Saat ini menggunakan kartu kredit juga sudah menjadi gaya hidup, dengan kemudahannya tentu saja banyak yang tertarik untuk menggunakannya, tapi tentu saja kita harus paham dan bijak dalam menggunakan kartu kredit. Sebab, dibalik semua kemudahan yang ditawarkan, kartu kredit dapat membuat kita lupa akan kondisi keuangan kita. Kartu kredit memang bisa mempermudah transaksi dan keuangan dengan catatan kamu menggunakannya dengan bijak. Bukan malah sebaliknya, hindari menjadi boros saat belanja atau bertransaksi dengan kartu kredit karena hal ini dapat berpotensi membuat kamu terlilit hutang, yang malah akan menambah masalah baru dalam keuanganmu. Syarat membuat kartu kredit adalah kita harus tahu dulu hal yang harus diperhatikan saat mempunyai kartu kredit.

Berikut ada beberapa cara agar kamu dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak:

  • Memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu

Pertama-tama pilihlah kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu, jika kamu menggunakan kartu kredit untuk kulineran, maka pilihlah kartu kredit yang banyak memberikan promo kuliner. Sebaliknya, jika kamu menyukai hal-hal berbau liburan, pilihlah kartu kredit yang banyak memberikan promo untuk liburan. Kartu kredit sering bekerjasama dengan beberapa e-commerce, restoran, hotel, supermarket hingga tempat wisata. Dengan kerjasama ini kita akan semakin dimudahkan dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit, yang tentunya bisa kita nikmati secara langsung.

  • Mengatur limit kartu kredit yang sesuai dengan kondisi keuanganmu

Setiap kartu kredit mempunyai batasan limit yang tentunya harus kamu sesuaikan dengan pendapatan dan kebutuhanmu, jangan sampai menggunakan limit yang diluar kemampuanmu, karena tentu saja akan menjadi masalah finansial untukmu dikemudian hari. Cara cerdas agar penggunaan kartu kredit terkontrol adalah dengan mengatur kartu kredit dengan limit yang sesuai dengan kemampuanmu, bisa saja diatur sesuai dengan total pengeluaran bulanan seperti biasanya, hal ini dapat membantumu menghindari penggunaan kartu kredit yang terlalu berlebihan. Gunakan kartu kredit dengan bijak yang sifatnya darurat atau sesuatu yang memang kamu butuhkan, dengan cara ini, kamu bisa mengatur pengeluaran dengan lebih baik dan lebih bijak.

  • Bayarlah kartu kredit sebelum jatuh tempo

Salah satu yang menyebabkan kartu kredit berubah menjadi masalah finansial yang serius adalah membengkaknya kartu kredit karena pembayaran yang dilakukan lewat dari tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan. Biasakan untuk segera membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo agar kamu terhindar dari denda dan bunga yang sesungguhnya tidak perlu jika kamu membayarnya dengan tepat waktu. Pembayaran tagihan kartu kredit ini juga sudah sangat mudah dan dapat dilakukan dimana saja, sehingga seharusnya kamu bisa lebih disiplin lagi untuk membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo.

  • Tentukan budget belanjaan yang kamu perlukan bukan yang kamu inginkan

Meskipun sudah mengatur limit yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan keuanganmu, kamu juga harus menentukan budget belanjaan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Buatlah budget belanja dengan kartu kredit. Misalnya, kamu ingin menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan konsumsi, kamu sudah harus membuat list untuk barang-barang yang memang harus kamu beli. Ketika kamu punya budget dan daftar belanja, kamu akan lebih fokus belanja dan tidak tergoda untuk belanja hal lain yang sesungguhnya tidak diperlukan.

  • Manfaatkan promo yang didapatkan

Salah satu cara bijak menggunakan kartu kredit yang bijak adalah melihat promo-promo yang ditawarkan agar sedikit bisa membuatmu berhemat, setiap kali kamu belanja menggunakan kartu kredit, poin dalam kartu kredit kamu bertambah. Jumlah poin yang sudah terkumpul banyak itu dapat kamu tukarkan dengan barang atau promo-promo menarik yang ditawarkan.

Itulah beberapa cara cerdas dan bijak menggunakan kartu kredit. Sebaiknya segera diterapkan agar kamu dapat mengatur keuanganmu lebih sehat sehingga menggunakan kartu kredit bisa semakin  menguntungkan dan menyenangkan. Bagi kamu yang belum punya kartu kredit dan ingin menggunakan kartu kredit, jangan khawatir, kamu bisa menggunakan kartu kredit melalui digital banking dari aplikasi digibank Live Fresh yang tentunya bukan hanya memberikanmu kemudahan tapi banyak keuntungan. Bukan hanya itu kamu di bantu buat kartu kredit agar kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat kartu kredit di zaman yang serba digital ini. Kamu bisa mendapatkan cashback hingga Rp. 1,5 juta dan cashback 5%  saat belanja online, kamu juga bisa memperoleh keuntungan ganda dengan point reward yang besar. Kamu juga dimudahkan dengan transaksi dalam satu genggaman di aplikasi digibank. Tunggu apa lagi? Mari manfaatkan keuntungan dari kartu kredit!

Related posts