Mengenal Kelebihan Investasi Reksadana Pasar Uang

  • Whatsapp
Investasi Reksadana Pasar Uang

Bagi kamu yang baru saja memulai investasi, dan khawatir dengan resiko ketika berinvestasi, reksadana dapat menjadi alternatif. Investasi reksadana adalah salah satu jenis investasi dimana wadah yang digunakan masyarakat untuk menghimpun dana. Singkatnya, masyarakat melakukan patungan dan setelah dana terkumpul, nantinya akan dikelola sebagai bentuk investasi oleh Manajer Investasi ke dalam portofolio efek. Ada empat jenis reksadana yaitu yang perlu kamu ketahui, yaitu reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana saham dan reksadana pasar uang. Reksadana pasar uang memiliki peminat yang cukup banyak sehingga menjadi primadona. Jika dibandingkan dengan investasi reksadana lainnya, reksadana pasar uang memiliki resiko yang paling rendah.

Mekanisme Investasi Reksadana Pasar Uang

Read More

Pada umumnya, dana investor reksadana pasar uang akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI). Dana tersebut ditempatkan sepenuhnya di instrumen pasar uang. Pasar uang ini berupa efek yang jangka waktunya kurang dari satu tahun antara lain deposito berjangka, sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia, obligasi perusahaan komersial dan sebagainya. Reksadana pasar uang memiliki prinsip umum investasi, yaitu semakin kecil resiko, maka semakin kecil keuntungan yang didapat. Maka dari itu, peluang untuk mendapatkan untung dari reksadana pasar uang adalah lebih kecil dibandingkan dengan jenis reksadana lainnya.

Pengertian Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang adalah jenis investasi yang instrumen investasinya ditujukan pada efek bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari waktu satu tahun. Sehingga proses pencairan reksadana pasar uang dapat dilakukan dengan mudah, tidak seperti ketika kamu menyimpan dana di deposito. Pencairan dana deposito harus menunggu jatuh tempo agar kamu tidak terkena pinalti. Sistem penalti tidak berlaku pada reksadana pasar uang, sehingga kamu mendapatkan kenyamanan untuk pencairan dana. Reksadana pasar uang dapat kamu jadikan sebagai dana darurat. Misalnya kamu berencana ingin berinvestasi di reksadana pasar uang selama tiga tahun, tapi ada kejadian yang mengharuskan kamu menggunakan dana yang sudah tersimpan padahal itu masih tahun pertama. Di saat itu kamu dapat mencairkan dana dengan aman dan nyaman dan tentunya dengan jumlah uang yang didapatkan lebih besar. Dalam hal ini, untuk memulai investasi reksadana pasar uang bisa dengan mudah dilakukan melalui digital banking yang merupakan layanan kegiatan perbankan melalui media platform, untuk membuat kamu lebih mudah dalam mengatur keuangan.

Keunggulan Reksadana Pasar Uang

Berikut ini adalah beberapa keunggulan reksadana pasar uang:

  • Minim Resiko

Reksadana Pasar Uang dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghindari resiko tinggi.

  • Keuntungan Lebih Tinggi

Dibandingkan dengan deposito atau instrumen lainnya, reksadana pasar uang memiliki return yang lebih tinggi karena didapatkan dari kenaikan nilai aset-aset didalamnya. Semakin tinggi kenaikan nilai aset, maka semakin tinggi pula return yang didapatkan.

  • Tidak membutuhkan modal besar.

Memulai investasi reksadana pasar uang tidak membutuhkan modal besar, kamu bisa mulai dari Rp 100.000,00 di aplikasi digital banking seperti digibank by DBS, kamu sudah bisa memulai investasi reksadana pasar uang.

  • Dapat dicairkan kapan saja tanpa terkena penalti.

Keuntungan dari reksadana pasar uang adalah termasuk produk investasi yang fleksibel, tanpa harus melalui prosedur yang rumit. Tidak seperti deposito, apabila kamu melakukan penarikan sebelum jatuh tempo maka akan terkena penalti, namun hal ini tidak berlaku pada reksadana pasar uang.

  • Jangka waktu investasi fleksibel.

Reksadana pasar uang dapat dilakukan dalam jangka waktu pendek, menengah maupun panjang, tidak ada keharusan dalam jangka waktu tertentu seperti instrumen investasi lainnya.

Memutuskan pilihan melakukan investasi reksadana bukan berarti kamu dapat memilih produk secara asal. Kamu harus menentukan dalam pemilihan, produk apa saja yang tepat dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar dan aman.

Investasi Reksadana Pasar Uang Bersama digibank by DBS

Pada Aplikasi digibank by DBS, menyediakan sajian investasi ala rumah makan padang. Salah satu produk investasi yang dimiliki digibank by DBS adalah reksadana. Segala kemudahan dengan Aplikasi digibank by DBS seperti pendaftaran SID, jual, beli dan switch dalam satu aplikasi. Selain itu, di Aplikasi digibank by DBS kamu dapat memilih lebih dari 50 produk investasi reksadana yang dapat diakses dengan mudah melalui beragam fitur yang dapat juga berkinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik. Melalui Aplikasi digibank by DBS, sebelum memutuskan untuk membeli, menjual, dan switch, kamu akan mendapatkan informasi lengkap setiap produk, seperti prospektus dan ringkasan informasi mengenai reksadana, syarat dan ketentuan dari bank yang tersedia dalam dokumen pada Aplikasi digibank by DBS. Sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk keamanannya dalam bertransaksi investasi di digibank by DBS, karena prosesnya 100% digital di bank teraman Asia yaitu Bank DBS.

Bagi kamu yang belum mengunduh Aplikasi digibank by DBS, kamu dapat mengunduh pada Google Playstore atau App Store. Segala informasi mengenai produk digibank by DBS dapat kamu temukan melalui sosial media Instagram @digibankid. Ayo tunggu apalagi? Segera berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS dan tingkatkan cara investasi dengan beragam produk seperti obligasi pasar perdana dan sekunder hingga rekening dan deposito valas cukup dengan satu Aplikasi digibank by DBS.

Related posts