Mengenal Kandungan pada Buah Semangka Beserta 4 Manfaatnya

  • Whatsapp
Buah Semangka

Sebagai salah satu buah yang digemari banyak orang, semangka memang memiliki kandungan air yang menyegarkan. Maka dari itu, tidak heran apabila semangka sangat baik untuk kita yang sedang berusaha untuk mengontrol berat badan. Soalnya, semangka sama sekali tidak memiliki kandungan lemak serta kalorinya sangat rendah. Pada setiap 100 gram semangka, kita bisa mendapatkan asupan nutrisi berupa 30 kalori, 91-92% air, 7,6 gram karbohidrat, 0,6 gram protein, 6,2 gram gula, 0,4 gram serat, 18% vitamin A berdasarkan angka kecukupan gizi, 21% vitamin C AKG, 3% vitamin B AKG, potassium sebanyak 5% AKG serta magnesium sebanyak 4%. Kayanya kandungan nutrisi pada  semangka un tentu akan memberikan bermacam-macam manfaat bagi tubuh kita. Berikut ini terdapat 4 ulasan mengenai manfaat buah semangka bagi kesehatan.

1. Mengurangi rasa lelah

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry, dapat kita pahami bahwa buah semangka yang dijus dapat membantu kita untuk meminimalisir rasa pegal yang muncul di bagian otot kita. Sementara itu, rasa pegal yang tadinya ada tersebut biasanya dikarenakan adanya latihan secara intens. Namun, berkat adanya jus semangka, rasa letih tersebut bisa kita antisipasi. Selain itu, semangka pun memiliki kandungan berupa amino acids citrulline serta arginine. Kedua kandungan ini sama-sama bermanfaat untuk membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

2. Mengatur kadar gula dalam darah

Di dalam semangka, terdapat kandungan-kandungan nutrisi yang dapat memelihara kesehatan kita serta mencegah kita untuk terkena penyakit. Apalagi, semangka pun baik untuk para penderita diabetes karena semangka akan mengontrol kadar gula di dalam darah. Nah, ketika buah semangka dibuat ekstrak, maka kita dapat mengurangi kadar tekanan darah pada orang yang memiliki hipertensi. Bukan hanya itu saja, semangka pun berperan penting untuk mencegah terjadinya penyakit berbahaya melalui dua kandungan nutrisi, yakni kalium dan magnesium. Baik kalium maupun magnesium sama-sama penting untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh kita.

3. Memperbaiki suasana hati

Suasana hati seseorang tidaklah bisa sama. Soalnya, ada saja beberapa kondisi yang menyebabkan suasana hati kita menjadi jelek. Nah, untungnya masalah yang satu ini dapat kita atasi dengan mengonsumsi semangka. Apalagi, semangka memiliki kandungan vitamin B6 yang akan memberikan nutrisi untuk sistem saraf neurotransmitter kita. Sistem saraf tersebut akan mengatur mood kita. Makanya, konsumsi semangka akan membuat kita menjadi lebih tenang serta menjadi lebih bahagia.

4. Membantu reproduksi

Siapa sangka, ternyata semangka juga memiliki peran penting untuk kesehatan reproduksi loh. Soalnya, buah yang satu ini menjadi obat alami. Berdasarkan penelitian, semangka memiliki kandungan citrulline yang diperlukan untuk menghindari impotensi. Dan poin plusnya ialah, konsumsi semangka tidak memberikan kita efek samping seperti halnya ketika kita mengkonsumsi bahan-bahan lainnya yang tidak alami. Tidak heran, banyak orang yang semakin tertarik untuk mengkonsumsi semangka setelah mengetahui betapa banyaknya khasiat dari buah yang satu ini. Karena selain menyegarkan, banyak juga khasiat yang dapat kita rasakan untuk kesehatan.

Nah, itulah tadi kandungan yang terdapat pada buah semangka dan bisa kita jadikan inspirasi untuk tetap melanjutkan pola hidup sehat. Yuk, mulai sehat dari diri kamu sendiri dengan mengkonsumsi semangka secara teratur. Pastinya, ada TaniHub, sebuah platform online terbaik yang mempermudah kita untuk melakukan pemesanan buah dan sayuran berkualitas secara online.

Related posts