Di jaman yang bisa serba cicilan dan kredit online tanpa perlu kartu kredit kayak sekarang, mau liburan, nggak perlu lagi tunggu sampai tabungan penuh. Mulai dari destinasi dalam negeri hingga luar negeri, berbagai penawaran menarik dari agen travel hingga fasilitas kredit, bisa kamu temukan dengan mudah.

Tentu, tawaran ini cukup menggiurkan. Sebab, siapa sih yang suka pergi liburan? Apalagi buat kamu yang sudah bekerja keras sepanjang tahun, nggak ada salahnya untuk menghadiahi diri sendiri sebuah perjalanan liburan ke destinasi impian! Nah, apabila kamu tertarik untuk nyicil akomodasi liburan seperti tiket pesawat dan hotel, sebaiknya jangan buru-buru, yuk, perhatikan 4 hal ini lebih dulu.

Mau liburan saat low season atau peak season?

Pergi liburan saat low season tentu saja bujetnya akan jauh lebih rendah dibanding pergi liburan saat peak season seperti misalnya hari raya atau liburan akhir tahun. Sebelum mencicil akomodasi liburan, sangat penting bagi kamu untuk lebih dulu menentukan destinasi dan tanggal liburan yang diinginkan. Misal, disesuaikan juga dengan kuota cuti atau approval dari atasan di kantor.

Periode liburan low season berbeda-beda tergantung destinasinya. Misalnya, di wilayah Asia Tenggara, yang termasuk low season biasanya sekitar bulan Agustus – November karena termasuk musim hujan. Sementara di Jepang yang termasuk Asia Timur, biasanya high season terjadi ketika musim bunga sakura mekar mulai bukan Februari.

Apabila bujet yang kamu miliki untuk angsuran cicilan akomodasi tidak terlalu besar, bukan berarti nggak bisa liburan, lho. Utamakan memilih periode liburan yang low season. Jangan dipaksakan untuk pergi liburan saat peak season kalau kapasitas keuangan belum memadai, ya.

Apakah fasilitas kreditnya sudah tersedia?

Kalau sudah tahu kapasitas finansial dan destinasi yang ingin dikunjungi, langkah selanjutnya, kamu perlu memutuskan: mau kredit di mana dan menggunakan apa? Bagi kamu yang punya kartu kredit, tentu hal ini tidak lagi jadi persoalan. Sebab, biasanya kartu kredit memiliki program cicilan di berbagai merchant rekanan, termasuk yang berkategori travel atu trip agent.

Bagi kamu yang tidak atau belum punya kartu kredit, apakah harus apply demi bisa cicilan liburan? Tentu nggak. Sebab, sekarang ada alternatif terbaik yang bisa kamu coba supaya bisa kredit online akomodasi liburan tanpa perlu kartu kredit. Dengan menggunakan akses kredit digital atau online seperti yang ditawarkan Kredivo, kamu hanya perlu download aplikasi Kredivo untuk daftar kapan saja dan di mana saja. Daftar online hanya melalui hp. Namun, pastikan kamu sudah memenuhi tiga syarat berikut:

  1. Sudah berusia minimum 18 tahun.
  2. Berpenghasilan tetap minimum Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Proses approvalnya hanya memakan waktu 1 x 24 jam sejak kamu daftar. Semua transaksi dilakukan secara online melalui aplikasi Kredivo atau akses login akun Kredivo-mu. Sebab, saat ini, Kredivo sudah bermitra dengan lebih dari 250 lebih e-commerce dan merchant ternama di Indonesia, mulai dari yang berkategori marketplace atau shopping: Shopee, Lazada, Tokopedia, hingga Online Travel Agent: Tiket.com, pegipegi.com, Citilink, RedDoorz, Panorama Tours, dan masih banyak lagi.

Limit yang diberikan Kredivo apabila pendaftaran kamu sudah approved, dana maksimal bisa mencapai hingga Rp 30 juta. Limit ini bisa digunakan untuk kredit online atau cicilan di merchant rekanan Kredivo dengan pilihan tenor 3, 6, hingga 12 bulan, dan suku bunga angsuran hanya sebesar 2,95% per bulannya. Supaya bisa cicilan, pastikan jumlah belanjaan atau akomodasi travel yang mau kamu cicil totalnya minimum Rp 1 juta ke atas ya.

Berapa alokasi dana yang sanggup disisihkan untuk angsuran cicilan per bulannya?

Untuk menjawab ini, kamu bisa memulainya dengan menghitung kembali total utang yang sedang dimiliki saat ini. Sederhananya, untuk kondisi keuangan yang ideal, hanya 30% maksimal dari total penghasilan yang bisa dialokasikan untuk utang atau cicilan. Misal, penghasilan per bulan yang kamu dapat adalah sebesar Rp 8 juta. Maka artinya, maksimal per bulan yang dapat kamu sisihkan untuk angsuran hanya sebesar Rp 2,4 juta saja.

Kalau diasumsikan saat ini utang yang kamu miliki memakan alokasi sebesar Rp 1 juta per bulan, maka hitungan kasarnya, hanya tersisa Rp 1,4 juta yang bisa digunakan untuk angsuran kredit baru. Apabila kamu berniat mengambil cicilan liburan selama 6 bulan, maka 1,4 juta dikali 12 totalnya adalah sebesar Rp 8,4 juta. Dengan kata lain, Rp 8,4 juta ini bisa dianggap sebagai bujet maksimal liburan yang kamu bisa jalankan. Namun, jangan lupa juga hitung suku bunga yang diterapkan oleh fasilitas kredit yang akan kamu gunakan nantinya ya.

Nah, hal menarik lainnya dari Kredivo, selain bunga rendah dan praktis digunakan secara online, tersedia juga fitur simulasi atau kalkulator cicilan. Jadi kamu dapat memasukkan bujet yang kamu punya, selanjutnya, kalkulator akan menampilkan simulasi cicilan untuk periode 3, 6 hingga 12 bulan.

Sudahkah membandingkan harga dari travel agent satu ke yang lainnya?

Bicara soal akomodasi liburan seperti tiket pesawat atau hotel, artinya kita bicara juga soal kompetisi harga. Sebab, saat ini banyak sekali agen travel yang menawarkan tiket dan hotel dengan harga beragam. Sebelum mencicil, pastikan kamu juga mengecek kisaran harga pasar terkait akomodasi travel ke destinasi yang sudah ditentukan. Setelah itu, bandingkan harganya dari satu travel agent ke travel agent lain agar kamu bisa mendapat harga terbaik, termurah, dan bisa hemat lebih banyak!