Kiat Memilih Meja Tenis Agar Permainan Semakin Seru

  • Whatsapp
Kiat Memilih Meja Tenis

Selain mengetahui bagaimana cara bermain tenis meja dengan baik seperti memegang bet, melakukan servis hingga pukulan apa saja yang sebaiknya dilatih. Maka, ada satu hal yang tidak bisa diabaikan yaitu meja tenis itu sendiri. Adapun area bermain yang satu ini cukup menarik untuk dibahas mengingat banyak sekali model yang ditawarkan di pasaran. Tentu hal ini membuat sebagian besar orang kebingungan dalam memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan dana pastinya. Untuk itu, di artikel ini akan dibahas apa saja yang berkaitan dengan meja tenis dimana nantinya diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan.

Olahraga yang satu ini memang tidak ada matinya karena siapa saja pasti menyukainya. Tidak hanya kaum pria saja, namun banyak juga kaum hawa yang menggelutinya. Selain mudah untuk dimainkan, peralatan yang digunakan pun tidak harus mahal. Meja tenis misalnya, dengan mudah Anda dapatkan di pasaran baik untuk mereka yang sekedar berolahraga maupun untuk kegiatan yang sifatnya kompetisi.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih meja tenis agar permainan semakin seru? Berikut ini penjelasannya :

Top Tables

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa semakin tebal bagian atas meja tenis maka akan semakin bagus pantulannya. Biasanya, pada bagian atas meja tersebut memiliki ketebalan kurang lebih 1/2″  inch yang sering digunakan untuk kebutuhan olahraga semata atau hiburan. Meski ada juga yang memiliki ketebalan mulai dari 5/8 ” inch hingga 3/4″ inch. Sementara itu, untuk meja tenis yang nantinya digunakan untuk acara yang sifatnya resmi seperti pertandingan maka tebal minimum yang dianjurkan adalah 7/8 ” inch hingga 1″ inch.

Mengapa ketebalan ini menjadi satu faktor yang cukup penting? Karena pantulan bola berpengaruh pada kualitas bahan dan ketebalan itu sendiri. Jika dalam satu permainan yang bertaraf nasional saja menggunakan ketebalan yang tidak sesuai aturan maka permainan akan tidak mengasyikkan karena pantulan bolanya cenderung liar.

Rel

Adapun penggunaan aksesoris ini bertujuan untuk menambah keindahan dari meja tenis yang digunakan. Selain itu, mempermudah Anda saat menyimpan setelah bermain tanpa harus mengangkat yang pastinya cukup berat juga.

Kaki

Di pasaran bahan yang digunakan untuk aksesoris yang satu ini cukup bervariasi. Salah satunya adalah menggunakan bahan baja yang memberikan dasar menjadi lebih kokoh. Adapun kaki yang berbentuk bulat sudah cukup baik untuk menopang bagian atas meja. Sementara itu, kaki persegi akan membuat kuat saat digunakan.

Kaki Adjustable

Bentuk kaki meja tenis yang satu ini memberikan kemudahan saat digunakan. Karena mudah menyesuaikan dengan kondisi yang ada pada lapangan. Misalnya saja permukaan meja akan selalu rata meski kondisi lantai tidak rata atau miring. Sangat cocok digunakan saat mengadakan pertandingan bersifat nasional atau daerah.

Net

Di pasaran sendiri cukup banyak model yang ditawarkan dimana masing-masing memiliki fungsinya. Misalnya saja Anda ingin bermain tenis meja untuk sekedar menghabiskan waktu bersama teman maka pilihlah net yang menggunakan jaring dasar. Sementara itu, untuk penggunaan tingkat profesional maka sebaiknya gunakan jaring kain dengan kualitas tinggi yang menjepit langsung ke meja. Selain itu, fitur klem berlapis yang digunakan bisa membantu untuk melindungi permukaan meja.

Demikianlah cara bagaimana memilih meja tenis yang baik dan berkualitas meskipun masih banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan. Diharapkan dengan kualitas meja tenis terbaik akan membuat permainan semakin menarik dan menyenangkan.

Related posts