Jenis Investasi Obligasi yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Obligasi Pemerintah

  • Whatsapp
Investasi Obligasi

Saat memikirkan tujuan jangka panjang yang ingin Anda capai, tidak ada salahnya juga mengalihkan perhatian ke investasi. Sebab, investasi bisa menjadi alternatif yang Anda lakukan untuk mencapai semua tujuan jangka panjang yang sudah Anda pikirkan sebelumnya.

Dari berbagai instrumen investasi yang beredar di pasaran, obligasi menjadi pilihan yang paling banyak dilirik masyarakat, khususnya obligasi pemerintah. Data pemerintah menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelian obligasi.

Dilansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, bahwa pertama kali diterbitkan pada 2006, Obligasi Ritel Indonesia (ORI) hanya dibeli oleh 16.561 investor saja, dan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Di tahun 2020, pemerintah kembali menerbitkan ORI-017 yang mencatatkan rekor penerbitan surat berharga negara tertinggi yang dijual secara online sejak 2018 dengan angka Rp. 18,33 triliun.

Dari total penjualan tersebut berasal dari 42.733 investor. Dimana 56 persennya atau sebanyak 23.949 orang merupakan investor baru.Selain itu, pembeli ORI-017 terbanyak didominasi oleh anak muda, yaitu sebesar 43 persen atau sebanyak 18.452 investor dari kelompok generasi Z.

Masih dari sumber yang sama, investor dari kelompok generasi Z juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan penerbitan ORI pada tahun sebelumnya (1 persen pada ORI-017 vs 0,22 persen ORI-016). Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa semakin banyak generasi muda yang sadar akan keuntungan dari berinvestasi.

Mengingat bertambahnya investor yang menyetorkan dananya untuk membeli obligasi, Tentu timbul pertanyaan. Sebegitu menariknya obligasi di mata investor? Berikut ini penjelasannya.

Definisi Obligasi

Ketika Anda melakukan investasi obligasi, kedua belah pihak akan menyepakati jatuh tempo, dimana jatuh tempo tersebut menjadi batas akhir dari pembayaran utang beserta dengan kuponnya. Secara umum jangka waktu obligasi di Indonesia berkisar antara 1 hingga 10 tahun.

Begitu banyaknya peminat obligasi tidak lain karena keunggulan yang ditawarkannya. Keuntungan obligasi berasal dari kupon atau bunga yang ditawarkan. Obligasi juga menjadi instrumen investasi yang paling aman, khususnya surat utang obligasi pemerintah. Selain itu, Anda juga bisa menjual beberapa jenis obligasi dengan mudah di pasar sekunder.

Jenis-jenis Obligasi

Obligasi mempunyai banyak jenisnya juga. Pembagian jenis obligasi ini didasarkan pada tolok ukur yang digunakan. Diantaranya adalah sistem pembayaran bunga, penerbit, hak penukaran, jaminan, perhitungan imbal hasil, nilai nominal, bentuk, sifat dan juga waktu jatuh tempo.

Berikut ini jenis-jenis investasi obligasi yang bisa Anda coba:

  1. Obligasi Pemerintah

Seperti namanya, obligasi pemerintah adalah surat utang yang diterbitkan pemerintah. Surat utang ini mempunyai waktu jatuh tempo bervariasi, dari 1 hingga 30 tahun. Obligasi negara menggunakan fixed rate (kupon tetap).

Jika Anda Ingin mencari instrumen investasi yang paling aman, investasi jenis ini lah jawabannya. Sebab, investasi ini dilindungi undang-undang sehingga pemerintah harus membayar hutang pokok beserta dengan kuponnya.

  1. Obligasi Korporasi

Obligasi jenis ini merupakan surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan negara seperti BUMN dan BUMD. Surat utang ini biasanya menggunakan kupon tetap. Namun, ada juga yang menggunakan kupon variabel.

  1. Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara

Obligasi jenis ini merupakan surat utang yang dikeluarkan pemerintah dengan prinsip syariah.

  1. Sukuk Korporasi

Sama halnya dengan jenis sebelumnya, jenis ini adalah obligasi korporasi dengan prinsip syariah di dalamnya.

Kini Anda mengetahui beberapa jenis investasi obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan maupun pemerintah. Salah satu rekomendasi tempat dimana Anda bisa membeli surat utang tersebut adalah Bank DBS Indonesia. Melalui produk Obligasi di perbankan prioritas DBS Treasures, Anda bisa membeli surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan aman.

Keunggulan Investasi Obligasi di DBS Treasures

Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan DBS Treasures untuk Anda yang ingin melakukan investasi dalam bentuk obligasi.

  1. Produk Investasi yang Aman

Obligasi yang tersedia di DBS Treasures diterbitkan oleh pemerintah. Sehingga keamanan sudah terjamin. Selain itu Bank DBS Indonesia juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

  1. Jangka Waktu dan Mata Uang yang Beragam

Jika Anda tertarik untuk membeli surat utang di DBS Treasures, terdapat beberapa pilihan jangka waktu yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu juga terdapat beberapa mata uang yang bisa Anda gunakan. Mulai dari IDR, USD hingga EUR.

  1. Investasi yang Dapatkan Kupon Reguler untuk Pembayaran

Pendapatan dari investasi obligasi ini, akan dilakukan berkala dengan nilai kupon yang didapatkan secara periodik sampai pengembalian nilai pokok terpenuhi.

Itu dia beberapa keunggulan yang ditawarkan DBS Treasures buat para calon investor. Jika Anda masih ragu untuk mengambilnya. Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, obligasi pemerintah memberikan kepastian dalam pengembalian nilai pokok dan kuponnya.

Related posts