Inilah Berbagai Contoh Digital Banking dan Jenis-Jenisnya

  • Whatsapp
Inilah Berbagai Contoh Digital Banking dan Jenis-Jenisnya

Layanan perbankan semakin meluas, salah satunya adalah melakukan berbagai kegiatan keuangan dengan digital banking. Bank mengeluarkan perangkat digital sebagai sarana elektronik yang dapat digunakan secara mandiri oleh nasabah. Semua transaksi finansial mulai dari buka rekening online sampai pengajuan pinjaman dapat dilakukan secara digital.

Contoh Layanan Digital Banking Beserta Jenisnya

Nasabah tidak perlu lagi mendatangi kantor bank untuk memperoleh informasi, melakukan registrasi, mendapatkan saran terbaik untuk melakukan investasi serta berbagai kebutuhan finansial lainnya.

Terobosan digital banking menyederhanakannya dengan memuat kurang lebih ratusan fitur dalam sebuah aplikasi praktis. Berikut adalah beberapa contoh layanan yang dapat diperoleh dengan mudah melalui genggaman smartphone.

  1. Internet Banking

Koneksi internet memungkinkan berbagai transaksi baik finansial atau non finansial. Dengan menggunakan nomor identitas akun rekening dan password, berbagai aktivitas dapat dilakukan melalui website resmi bank.

Jenis-jenis transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking adalah melakukan transfer hitungan detik, mendapatkan informasi perbankan seperti saldo, mutasi, dan informasi nilai tukar mata uang. Bisa juga digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit, telepon, listrik dan lain-lain. Lakukan berbagai pembelian seperti beli tiket pesawat, kereta sampai isi ulang pulsa telepon dengan internet banking.

  1. Phone Banking

Salah satu contoh digital banking adalah phone banking. Nasabah memakai telepon untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan. Layanan ini cocok bagi nasabah yang menginginkan interaksi dengan pihak contact center bank untuk membantu nasabah bertransaksi atau sekedar mencari informasi.

Jenis- jenis layanan yang diperoleh melalui phone banking termasuk transfer dana, mendapat informasi saldo dan mutasi. Melakukan berbagai pembayaran seperti asuransi, listrik PLN, kartu kredit, dan lain-lain. Melalui phone banking, nasabah juga bisa melakukan pembelian pulsa isi ulang.

  1. SMS Banking

Layanan kegiatan perbankan juga dapat memanfaatkan sarana elektronik melalui smartphone dalam bentuk Short Message Service (SMS) atau pesan singkat. Nasabah bisa mengirimkan SMS pada nomor telepon bank yang dituju memakai aplikasi yang sudah dipasang bank pada smartphone yang didaftarkan oleh nasabah. Sehingga, sebelum dapat memakai layanan ini, nasabah terlebih dahulu perlu melakukan pembuatan rekening tabungan dengan menyertakan nomor teleponnya.

Jenis-jenis transaksi yang bisa dilakukan dari SMS banking termasuk transfer dana, mendapatkan informasi saldo dan mutasi, melakukan pembayaran kartu kredit dan pembelian pulsa isi ulang. Setiap bank memiliki jenis transaksi yang berbeda-beda tapi umumnya layanan yang dapat dilakukan melalui SMS Banking lebih minim dibandingkan layanan digital lainnya.

  1. Mobile Banking

Cara daftar mobile banking sangatlah mudah, tinggal mendatangi Bank yang digunakan dan mendaftarkan nomor ponsel yang digunakan. Layanan perbankan ini lebih lengkap daripada SMS Banking walau sama-sama menggunakan ponsel.

Transaksi yang dapat dilakukan pakai mobile banking termasuk transfer dana dalam hitungan detik, mendapat informasi seperti saldo, mutasi dan nilai tukar. Nasabah juga bisa melakukan pembayaran untuk telepon, kartu kredit, asuransi dan lain sebagainya. Pembelian bisa untuk pulsa isi ulang dan saham.

Jenis layanan digital perbankan ini dapat mengungguli berbagai jenis layanan lainnya karena lebih lengkap, fiturnya lebih banyak dan keamanannya yang terjaga. Nasabah dapat melakukan semua hal yang bisa dilakukan dengan semua layanan digital dan bahkan lebih dengan mobile banking.

Layanan Lengkap dan Mudah dengan PermataMobile X, Digital Banking dari PermataBank

Nikmati berbagai layanan elektronik perbankan berbasis internet dengan PermataMobile X. Nasabah dapat mengakses berbagai produk perbankan baik finansial maupun non finansial yang aman dan mudah. Layanan digital PermataBank termasuk salah satunya.

Nasabah membuat rekening tabungan atau giro dengan mengunduh aplikasi PermataMobile X resmi milik PermataBank. Nasabah melakukan registrasi dengan nomor e-mail aktif dan nomor telepon terdaftar. Untuk menggunakan aplikasi PermataMobile X dibutuhkan koneksi internet.

Keunggulan dari mobile banking PermataBank ini adalah:

Praktis dan Mudah

Nasabah yang memiliki beberapa akun akan dapat melihat semua informasi yang dibutuhkannya dengan satu aplikasi pada satu layar.

Cek Mutasi Hingga 12 Bulan

Selain itu, pengecekan mutasi sangat mudah dilakukan. Data historis tersimpan sampai 12 bulan dan membuat pemantauan, jadi lebih praktis.

Fitur Lengkap

Fiturnya yang lengkap sampai sekitar 200 fitur yang salah satunya adalah membuka rekening secara online.

Sedangkan fitur-fitur penting itu diantaranya:

  • 200 fitur perbankan tersedia secara lengkap
  • Cek saldo, mutasi dari tabungan, giro dan kartu kredit
  • Log in dengan fitur fingerprint dan face ID yang aman
  • Pembelian dengan QR pay yang praktis
  • Melakukan berbagai investasi perbankan
  • Pengajuan pinjaman
  • Akses PermataStore untuk berbagai produk perbankan secara online
  • Digital token yang aman dan praktis

Lalu apakah kekurangan dari PermataMobile X? Tidak ada produk yang sempurna. Karena semua transaksi dilakukan secara online, maka keberadaan akses internet sangatlah krusial. Kalau nasabah tidak mendapatkan signal internet, maka aplikasi tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, pastikan adanya koneksi internet sebelum memakai aplikasi ini.

Demikianlah penjelasan singkat tentang berbagai contoh digital banking dan jenis-jenisnya. Perkembangan teknologi memungkinkan memanfaatkan sarana digital untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah dan efisien. Pakai PermataMobile X yang memiliki layanan digital perbankan terbaik dengan menyederhanakan semua fitur dalam satu aplikasi. Pertimbangkan juga layanan digital lainnya yang ditawarkan PermataBank sesuai kebutuhan nasabah.

Related posts