Ingin Investasi Crypto? Lakukan 5 Hal Ini

  • Whatsapp

Cryptocurrency atau mata uang kripto menjadi salah satu instrumen investasi yang sedang naik daun di kalangan milenial. Buat Anda yang baru mau menanam modal, kenali dulu apa itu kripto dan apa saja jenis mata uang kripto yang bisa diinvestasikan.

Investasi crypto saat ini semakin banyak peminat dan pembahasannya. Banyak kalangan yang awalnya hanya berinvestasi di instrumen-instrumen tradisional kini mulai beralih ke investasi crypto. Bagaimana tidak banyak yang mulai terjun ke dunia cryptocurrency karena keuntungannya lebih besar dan cepat daripada investasi lainnya,  yang dijamin kriptografi tadi yang akan melindungi serta menjaga keamanan mata uang bitcoin investment platform.

Dengan kata lain, cryptocurrency adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antarpengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga. Selain menggunakannya sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Hal ini disebabkan oleh naik turunnya nilai cryptocurrency. Semakin banyak orang yang percaya pada cryptocurrency, maka nilainya akan semakin tinggi.

Crypto saat ini masih dilarang di Indonesia jika digunakan untuk alat tukar/bayar namun sebagai instrumen investasi diperbolehkan karena sudah diakui oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Lalu bagaimana memulai investasi crypto? Simak penjelasan berikut ini.

Memulai Investasi Crypto dengan Belajar

Sebelum memulai untuk berinvestasi crypto investment platform sebaiknya Anda belajar terlebih dahulu tentang crypto. Anda bisa mengunjungi platform-platform legal yang diakui oleh Bappebti untuk belajar mengenai crypto. Biasanya di platform tersebut terdapat artikel atau halaman khusus untuk belajar crypto.

Cari Platform yang Cocok untuk Anda

Setelah belajar mengenai investasi crypto, langkah selanjutnya adalah dengan memilih platform. Platform ini seperti bursa yang menjalankan semua proses transaksi dari beli hingga jual. Pilihlah platfrom yang sudah terdaftar resmi di Bappebti agar terhindar dari penipuan.

Gunakan Uang Dingin

Sebelum Anda mulai berinvestasi, ada hal yang perlu menjadi catatan penting, yaitu selalu menggunakan uang dingin untuk berinvestasi. Dalam hal ini, uang yang Anda pakai tidak mempengaruhi arus keuangan Anda.

Beli Crypto Ketika Harga Murah

Dalam berinvestasi crypto hindari perasaan FOMO atau Fear Of Missing Out yang membuat Anda tidak ingin kehilanggan momen ketika orang-orang sekitar Anda membeli crypto sehingga melupakan pengetahuan dasar ini, beli ketika harga murah. Ingat, pada dasarnya, berinvestasi adalah membeli sesuatu saat harga sedang murah-murahnya dan menjual ketika harga mahal. Ketika Anda beli di harga murah, Anda bisa menyimpan aset itu hingga harganya naik. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat jika kenaikannya signifikan.

Beli Crypto Blue Chip

Di dalam dunia crypto terdapat blue chip seperti di dunia saham. Sebagai pemula dalam investasi crypto, sebaiknya Anda membeli blue chip seperti Bitcoin dan Ethereum. Kenapa disaranakan untuk membeli blue chip? Karena harga pergerakan harganya lebih stabil dibandingkan yang lain dan likuiditasnya tinggi.
Itulah penjelasan singkat tentang investasi crypto, yang bisa menjadi alternatif Anda untuk berinvestasi.

Related posts