Cincin adalah perhiasan yang melingkar di jari. Cincin dipakai baik oleh perempuan ataupun laki-laki. Secara adat tradisional cincin biasanya juga dibuat dari bahan logam mulia; seperti emas, perak, dan platina. Cincin juga dibuat dengan logam lainnya seperti baja antikarat, krom, besi, perunggu, kuningan, dan tembaga yang juga lazim digunakan. Cincin juga bisa dibuat dengan desain polos, berukir, atau bertatahkan intan, permata, atau batu akik. Cincin juga dibuat dari banyak bahan lainnya, seperti plastik, kayu, tulang, giok, kaca, karet dan lain lain.

Selain berfungsi sebagai perhiasan, secara adat tradisional, cincin biasanya digunakan menjadi salah satu bagian dari upacara pernikahan. Yang diberikan pada saat acara pernikahan, pertunangan, atau sebagai salah satu hadiah yang diberikan sebagai ungkapan janji setia dan tanda kasih sayang.

Emas menjadi salah satu logam yang paling banyak disukai dan cukup berharga bagi beberapa orang. Bahkan ada pula yang menginvestasikan harta yang dimilikinya dalam bentuk emas. Selain bentuknya yang indah, emas juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi, sehingga tidak mengherankan jika banyak yang tergila-gila akan logam yang satu ini, terlebih kaum wanita.

Emas dibentuk dalam berbagai macam model yang bisa digunakan untuk fashion yang berfungsi untuk mempercantik diri. Seperti kalung, gelang dan cincin. Dan cincin emas menjadi salah satu benda yang paling banyak di pakai di masyarakat.

  1. Harga Cincin Emas Per Gram

Umumnya, harga cincin emas berkisar pada harga Rp. 400.000 hingga jutaan rupiah tergantung beratnya. Selain itu model dari cincin juga sangat mempengaruhi harga dari cincin yang Anda ingin beli. Jika Anda menginginkan model couple untuk acara pernikahan atau tunangan sebaiknya dipesan terlebih dahulu agar memiliki model yang sesuai keinginan Anda.

Daftar Harga Cincin Emas

Cincin EmasHarga
1 gramRp. 586.000,00
2 gramRp. 1.172.000,00

Terkecuali dengan cincin yang menggunakan jenis emas yang berbeda, ada pula cincin emas 2 gram yang dibandrol dengan harga Rp. 566.000,00 saja. Untuk cincin ini juga cukup cantik diberikan kepada pasangan anda.

2.     Harga Cincin Emas per Kadar Karatnya

Nah seperti yang sudah dijelaskan di atas, kadar karat pada emas sangat mempengaruhi harga cincin emas yang Anda inginkan.  Meskipun memiliki berat yang sama dengan berat cincin yang lainnya akan tetapi berbeda dari jenis karatnya maka cincin ini akan memiliki harga yang berbeda pula. Semakin tinggi karat dari cincin yang dimiliki maka semakin tinggi pula harga cincin yang ditawarkan.

Daftar Harga Cincin Emas Per Kadar Karat

Cincin EmasHarga / gram
20 karatRp. 400.000,00
21 karatRp. 420.000,00
23 karatRp. 463.000.00
24 karatRp. 484.000,00

Nah harga cincin  sangat menarik bukan? Harga cincin emas di atas merupakan cincin yang terbuat dari jenis bahan emas kuning. Sementara untuk cincin yang terbuat dari jenis bahan emas putih maka harga yang ditawarkan juga jauh lebih tinggi.

Namun kebanyakanan jika untuk acara pernikahan atau tunangan lebih banyak yang menggunakan emas kuning. Emas kuning dianggap lebih mewah dan elegan. Sementara emas putih terkadang dianggap seperti perak sehingga tidak terlalu diminati di kalangan menengah ke bawah.

Padahal untuk kalangan menengah ke atas, emas putih memiliki daya tarik tersendiri.  Bahkan dianggap jauh lebih aman karena tidak cukup menarik perhatian terutama tindak kriminal. Namun semua itu dikembalikan kepada selera Anda. Manakah yang jauh lebih menarik bagi Anda.

3.     Harga Cincin Emas Putih per Gram

Untuk harga dari cincin emas putih biasanya disukai oleh seluruh pasangan muda. Yang ingin tetap menggunakan cincin untuk mempercantik diri namun tidak terlihat seperti emas. Dan lebih santai.

Daftar Harga Cincin Emas Putih:

Cincin Emas PutihHarga
1 gramRp. 529.000,00
2 gramRp. 509.000,00
3 gramRp. 503.000,00

Nah itulah daftar dari harga cincin emas yang termurah dan terbaru saat ini. Harga dari emas ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, sehingga jika memang ada kesempatan ada penawaran harga emas murah segera Anda dapatkan sebelum kehabisan. Karena investasi pada emas cukup menjanjikan dan menguntungkan.