Gunakan ke-6 Media Promosi Ini untuk Mengembangkan Bisnis Anda

  • Whatsapp
Media Promosi

Mempunyai sebuah bisnis yang berkembang merupakan salah satu kebanggaan tersendiri. Dari sana, anda tidak hanya akan memiliki penghasilan yang besar saja, namun juga popularitas dari brand tersebut menjadi hal yang juga penting. Tidak hanya itu, jika bisnis anda berkembang pesat, tentu tidak dapat anda tangani sendiri. Pada saat itulah akan dibutuhkan karyawan atau tenaga pembantu. Dengan kata lain, anda sudah membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Bagaimana caranya agar bisnis dapat berkembang dan mempunyai banyak konsumen atau pengguna? Tentu saja anda harus memiliki bisnis yang menguntungkan bagi orang lain. Menguntungkan dalam hal ini bisa apa saja, misalnya bisnis anda dapat membantu memenuhi kebutuhan konsumen. Bisnis yang anda jalankan mudah dijangkau oleh konsumen dalam hal harga yang ditawarkan atau hal lain.

“Bisnis saya bagus dan saya yakin bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan harga terjangkau, kenapa sampai saat ini masih belum berkembang? “ Sudahkah anda melakukan promosi? Jika belum, maka semua ide bisnis yang anda kerjakan sudah dipastikan sia-sia.

Ya, untuk dapat mengembangkan suatu bisnis, tidak hanya harus mempunyai barang atau jasa yang bagus. Anda harus tetap melakukan promosi untuk mengenalkan kepada calon konsumen. Jika merasa diuntungkan dengan bisnis anda, sudah pasti mereka akan menjadi pelanggan tetap. Bukan hanya itu, kemungkinan pelanggan tersebut juga akan merekomendasikan bisnis anda kepada orang lain.

Untuk dapat melakukan promosi, saat ini terbilang cukup mudah. Hal ini dikarenakan dari adanya teknologi internet yang semakin maju. Berikut adalah beberapa media yang bisa digunakan sebagai promosi bisnis anda.

1. Media Sosial

Ada banyak platform media sosial yang bisa digunakan untuk media promosi bisnis. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebut saja Facebook yang mempunyai kelebihan dapat menggunakan teks, gambar atau video. Sedangkan untuk Instagram hanya diperbolehkan menggunakan media gambar dan video saja. Berbeda lagi dengan  twitter yang hanya menggunakan teks dengan batasan karakter. Pelajari terlebih dahulu tentang semua platform media sosial yang akan anda gunakan sebagai ajang promosi.

2. Blog atau Website

Tidak semua orang mempunyai blog sebagai media promosi. Namun jangan khawatir, anda bisa memanfaatkan blog orang lain dengan menaruh iklan atau banner pada blog tersebut. Bisa juga dengan cara memberikan review tentang bisnis yang anda jalankan. Pastikan blog yang anda pilih sudah populer dan mempunyai banyak pengunjung.

3. Email

Istilah yang sering anda dengar kemungkinan adalah email marketing. Yaitu sebuah promosi yang dilakukan dengan menggunakan email. Cara ini masih cukup efektif dilakukan, bahkan banyak perusahaan besar yang memancing calon konsumen untuk memberikan email mereka dengan cara subscribe konten atau sejenisnya.

4. Youtube

Media ini lebih cocok jika anda menggunakan promosi dengan konten video. Biasanya yang melakukan media Youtube adalah usaha yang bergerak dalam bidang kosmetik. Membuat konten tentang tips dan trik dengan menggunakan produk anda adalah salah satu cara yang efektif. Namun anda harus memperhatikan durasi yang digunakan. Calon konsumen cepat merasa bosan jika video terlalu panjang. Sebaliknya, jika terlalu pendek kemungkinan tidak akan memuat semua inti dari tujuan anda.

5. Forum

Salah satu forum yang dulu pernah menjadi terbesar di Indonesia adalah Kaskus. Disana merupakan tempat yang tepat untuk digunakan sebagai media promosi bisnis. Anda bisa menggunakan forum lain seperti GoUKM atau forum bisnis milik Okezone.

6. SMS

Meski terdenger usang, nyatanya masih banyak brand besar yang melakukan promosi dengan media SMS. Di Indonesia ada banyak provider SMS gateway, misalnya K1NG Corporation. Anda bisa coba trial gratis atau langsung berlangganan dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah daftar 5 media promosi yang dapat mengembangkan bisnis anda. Pelajari dulu sebelum melakukan promosi, siapa target anda, lokasi mana dan apa yang diinginkan calon konsumen.

Related posts