Cara Memulai Blog Menggunakan SEO Bagi Blogger Pemula

  • Whatsapp
SEO Bagi Blogger Pemula

Seorang blogger bisa dikatakan berhasil jika blog yang dikelolanya mempunyai banyak visitor serta mampu menghasilkan pundi-pundi uang. Namun faktanya, untuk membangun blog dengan jumlah pengunjung yang banyak hingga menghasilkan banyak uang tidaklah mudah.

Semua membutuhan usaha serta kerja keras. Ada banyak hal yang perlu ditempuh untuk bisa meraih mimpi tersebut, salah satu peluang yang memiliki potensi untuk menjaring pengunjung yakni dengan optimasi search engine atau juga disebut dengan SEO. Jika anda masih bingung harus memulai SEO ini dari mana, maka ikuti langkah-langkah optimasi blog berikut:

Read More
  1. Langkah pertama

Pastikan anda memiliki blog yang ingin dioptimasi. Tersedia banyak blog gratis yang bisa dicoba misalnya wordpress.com, blogspot.com dan lainnya.

Akan tetapi jika anda berniat untuk membangun blog dengan domain milik sendiri maka disarankan untuk memakai template wordpress.org. Anda bisa membeli hosting pribadi yang mempunyai nilai tinggi serta lebih mudah untuk dioptimasi.

  1. Langkah kedua

Pilih template blog SEO friendly. Banyak sekali template untuk blog SEO friendly yang bisa anda pilih dan aplikasikan dengan gratis. Anda bisa mencarinya sekaligus mengunduh template blog yang menurut anda cocok dengan konten blog anda.

Template blos SEO friendly yang tersedia umumnya sedikit berbeda dari template bawaan. Template tersebut biasanya memiliki struktur yang sudah dimodifikasi serta disesuaikan dengan berbagai hal yang dirasa layak oleh mesin pencari. Hal ini bertujuan supaya blog yang memakai template tersebut dalam artikel kontennya menjadi disukai robot search engine dan mudah mendapatkan posisi terbaik.

  1. Langkah ketiga

Membuat setidakya 5 artikel konten untuk menjadi dasar utama bagi blog anda. Mulailah dengan membuat konten artikel yang berkualitas bagi pembaca, mudah dipahami dan yang pasti isinya harus relevan dengan tema blog anda.

Jika anda mampu, anda bisa membuat artikel yang memiliki minimal 1000 kata atau bahkan lebih. Berdasarkan analisa yang dikaji serpIQ mengenai SEO, disebutkan bahwa artikel blog yang terdiri dari jumlah kata banyak dengan rate 1500-2000 kata bisa lebih mudah ditemukan search engine pada urutan terbaik bahkan bisa bertahan dalam waktu yang lama.

  1. Langkah keempat

Mendaftarkan blog anda ke mesin pencari Google. Hal ini bertujuan agar blog yang anda miliki bisa lebih mudah dikenali mesin pencari tersebut. Bagaimana mungkin search engine dapat menemukan blog anda jika belum mengenalnya terlebih dahulu. Tanpa didaftarkan di search engine pun sebenarnya blog anda masih berpeluang untuk ditemukan oleh mesin pencari Google dengan sendirinya. Akan tetapi hal ini memerlukan waktu yang sangat lama agar mesin pencari dapat mengenali halaman blog anda.

Maka dari itu, agar mesin pencari bisa lebih mudah dan lebih cepat mengenali blog anda, ada baiknya anda mendaftarkan blog tersebut secara manual. Jika sudah berhasil anda bisa men-submit serta sitemap didalamnya.

  1. Langkah kelima

Mempelajari serta melibatkan optimasi SEO off page dan on page bagi blog anda. Optimasi SEO on page yaitu upaya optimasi yang diterapkan pada sisi internal blog anda sendiri. Adapun SEO off page merupakan upaya optimasi yang dilakukan di luar blog.

Perlu diketahui bahwa terdapat banyak sekali strategi optimasi SEO yang dapat anda pakai untuk artikel blog anda. Ada bisa memperoleh dampak yang positif dari upaya optimasi SEO ini. Bagi anda yang tertarik untuk mencobanya, namun masih merasa bingung bagaimana untuk memulainya maka anda bisa segera menghubungi jasa backlink profesional yang siap untuk membantu anda.

Related posts