On-page SEO

On-page SEO, termasuk konten halaman, optimalisasi kata kunci yang tepat dalam meta dan tag judul Anda, dan jumlah paparan kata kunci yang tepat pada setiap halaman tertentu, sangat penting bagi peringkat mesin pencari Anda. Namun, membuat peningkatan signifikan pada peringkat Anda juga berarti memfokuskan perhatian pada SEO off-page juga. Untuk mempelajari lebih detailnya bisa cek di Labalaba’s guide on seo on page VS off page.

Off-page SEO

Faktor SEO di luar halaman atau luar situs ditemukan di halaman lain di Internet. Elemen terpenting dari SEO di luar halaman adalah tautan masuk berkualitas, yang merupakan tautan dari website lain yang mengarah ke Anda. Jika Anda mencari untuk mendapatkan otoritas di niche Anda, banyak inbound link dari situs otoritas lain akan sangat membantu upaya Anda, terutama di mata Google ketika mereka mempertimbangkan di mana Anda termasuk dalam peringkat halaman mereka.

Jika Anda ingin meningkatkan jumlah tautan masuk berkualitas yang Anda terima, langkah pertama dalam proses ini adalah membuat konten luar biasa yang memberikan nilai, berbicara kepada audiens Anda, dan menarik minat mereka. Semakin banyak konten yang Anda hasilkan, semakin banyak situs web dan mesin pencari berdiri dan memperhatikan, sehingga memberi Anda status otoritas dan, yang paling penting, peringkat yang lebih tinggi dari waktu ke waktu.

Konten Berkualitas

Membuat konten luar biasa yang mengedukasi audiens Anda dan mengarahkan mereka ke arah yang benar (situs web Anda) menjadi cara ideal bagi bisnis untuk menjembatani kesenjangan besar yang dulu ada antara mereka dan pelanggan mereka. Memahami dengan tepat apa yang diinginkan pelanggan Anda adalah fondasi untuk menciptakan konten yang tidak hanya memuaskan kebutuhan mereka, tetapi juga menyebar secara viral ke seluruh audiens Anda dan di luarnya.

Link Building

Salah satu cara untuk mendapatkan tautan masuk adalah dengan meminta satu dari pemilik situs web. Ini bisa memakan waktu dan mungkin terbukti lebih sulit daripada yang muncul karena sebagian besar situs otoritas yang mapan dapat melihat permintaan untuk tautan masuk sebagai tidak lebih dari spam.

Namun, jika Anda merasa memiliki konten yang bermanfaat bagi pembaca situs tertentu, tidak ada salahnya untuk bertanya. Tetapi pastikan untuk mencontohkan fakta bahwa Anda membaca konten mereka sendiri dan memahami audiens mereka. Intinya, dekati permintaan Anda dari perspektif berbagi informasi berharga. Jika mereka menemukan konten Anda bermanfaat, mereka dapat ditautkan tanpa Anda harus bertanya.

Memanfaatkan Situs Lainnya

Cara hebat lain untuk mengoptimalkan konten Anda adalah dengan memanfaatkan situs pengiriman artikel seperti EzineArticles, situs video seperti YouTube, jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, komunitas blogging seperti Xanga, dan situs bookmark sosial seperti Delicious dan Digg. Situs-situs ini memiliki otoritas luas dan mengandung komunitas pengguna lain yang terus-menerus menambahkan dan mencari konten yang luar biasa!

Faktor lain yang perlu diingat adalah bahwa membuat konten di situs web orang lain, terutama di bagian komentar di blog, tidak akan membuat Anda jauh dari perspektif SEO. Dengan kemudahan membuat tautan dengan berkomentar di blog, Google menerapkan atribut larangan mengikuti untuk membedakan antara tautan tidak sah dan sah.

Atribut nofollow terletak di dalam kode sumber untuk halaman dimana tautan dapat dimasukkan dan ketika Google melihat tautan di tandai sebagai tidak diikuti, itu merupakan indikasi bahwa pemilik situs tidak ingin meneruskan kredit SEO ke halaman dimana titik tautan. Jika pengunjung situs lain ingin mengklik tautan tersebut, mereka dapat melakukannya tanpa kesulitan. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai percakapan dan membangun hubungan, tetapi itu tidak akan membantu situs web yang ditargetkan dalam ranah SEO.

Otoritas situs web dapat diteruskan ke situs Anda jika kontennya dianggap ‘luar biasa’. Intinya, Anda dapat membonceng otoritas situs lain dengan menambahkan keunggulan pada komunitasnya. Juga, berhati-hatilah dengan jumlah tautan pada setiap halaman yang mengarah ke situs Anda. Semakin banyak tautan, semakin sedikit kredit yang dimiliki setiap tautan. Akhirnya, menggunakan anchor text, atau teks yang dapat diklik dalam konten Anda, dengan kata kunci yang diinginkan akan terbukti menjadi aset yang sangat berharga untuk langkah-langkah tindakan SEO di luar halaman Anda.