Belum ada prediksi kapan nantinya pandemi virus Corona ini akan selesai. Apalagi ditambah dengan jumlah penduduk Indonesia yang terbilang cukup banyak. Bahkan juga angka masyarakat yang terjangkit virus ini semakin lama semakin tinggi dengan jumlah atau angka kematian yang disebabkan olehnya juga tergolong besar. Tentunya membuat masyarakat semakin takut untuk melakukan aktivitas di luar ruangan bukan. Banyak diantaranya yang menerapkan bekerja dari rumah dan benar-benar melakukan physical distancing terkait dengan wabah semacam ini.

Mengurangi aktivitas di luar rumah diantaranya juga dengan menyetok bahan-bahan makanan di dalam kulkas. Sehingga nantinya tidak perlu terlalu banyak berbelanja keluar. Baru jika seandainya bahan makanan tersebut habis, maka belanja lagi ke supermarket, tentunya dengan kehati-hatian yang ekstra. Hanya saja tidak dapat dipungkiri meskipun sudah disimpan dalam lemari pendingin atau kulkas, maka tidak menjamin nantinya bahan makanan tersebut akan tahan lama.

Takutnya sudah banyak menyetok di tengah pandemi virus Corona, namun ternyata bahan makanan tersebut harus terbuang sia-sia karena rusak. Apalagi dengan fakta harga berbagai macam kebutuhan sekarang ini memang tengah mengalami peningkatan yang cukup tajam. Tentunya menjadi sangat mengkhawatirkan bukan. Untuk itu maka berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan di dalam menyimpan bahan-bahan makanan tersebut agar lebih tahan lama, yaitu:

  1. Rebuslah terlebih dahulu sebelum disimpan dalam kulkas, beberapa jenis bahan makanan jika seandainya langsung disimpan ke kulkas sebenarnya tetap akan mudah mengalami kerusakan. Untuk itu solusinya bisa dengan direbus terlebih dahulu, layaknya pada kacang-kacangan, brokoli dan sejenisnya. Cukup direbus sekitar 30 detik pada air yang suhunya panas, maka membuatnya lebih tahan lama.
  2. Potong-potonglah terlebih dahulu sebelum nantinya Anda simpan di dalam freezer, hal ini sangatlah bermanfaat untuk membuat bahan makanan tersebut tahan lebih lama, karena jika ada potensi mengalami pembusukan di satu sisi, maka nantinya tidak akan menjalar ke bagian yang lainnya, misalnya adalah pada sayur wortel, jadi dapat Anda potong terlebih dahulu.
  3. Bungkus dengan memakai tisu, jenis sayuran, khususnya adalah yang berdaun maka dapat Anda bungkus terlebih dahulu menggunakan tisu dan masukkan kedalam plastik yang kedap udara, sebelum nantinya dimasukkan dalam lemari es. Hal semacam ini nantinya akan membuat sayuran tahan lebih lama dari biasanya.
  4. Simpan dalam bentuk jus, sementara itu untuk buah-buahan, apalagi yang mungkin tidak bisa bertahan cukup lama, maka solusi untuk penyimpanannya bisa Anda buat dalam bentuk jus. Setelah dibuat jus nantinya bisa disimpan dalam botol dan ditutup secara rapat. Maka nantinya bisa tahan lebih lama.
  5. Sebaiknya simpan produk susu ke bagian dalam kulkas, banyak orang yang mengandalkan area pintu kulkas untuk menyimpan susu, padahal dengan singnya dibuka kondisi suhunya tidak stabil, sehingga mudah rusak. Solusinya adalah dengan menyimpannya di bagian paling dalam, jadi suhu juga akan lebih stabil.
  6. Beberapa jenis bahan makanan hendaknya tidak disimpan dalam kulkas, seperti diantaranya adalah kentang, bawang putih sampai dengan bawang bombai. Karena dengan menyimpannya di kulkas justru akan mudah rusak. Simpan pada suhu ruangan saja.

Itulah sekiranya cara yang bisa Anda lakukan di dalam menyimpan stok makanan sehingga tahan lebih lama selama wabah virus Corona ini berlangsung. Kebutuhan pangan Anda tetap akan terpenuhi. Artikel kesehatan lainnya bisa Anda bawa di situs Halodoc.