5 Jenis Mineral Berkualitas yang Wajib Terdapat di Air Minum!

  • Whatsapp
Jenis Mineral Berkualitas yang Wajib Terdapat di Air Minum

Untuk menunjang aktivitas atau kegiatan sehari-hari diperlukan asupan tenaga atau mineral yang baik bagi tubuh. Berbagai macam kandungan mineral terbaik bisa didapatkan dari air mineral yang memiliki segudang manfaat.

Sejatinya manusia membutuhkan pengganti cairan tubuh yang hilang karena beraktivitas seharian. Tubuh yang dehidrasi dalam waktu lama memberikan efek buruk bagi tubuh, seperti lemas dan kurang bertenaga [1].

Efek jangka panjang akan menyerang sistem pencernaan hingga kusamnya kulit. Maka dari itu dibutuhkan air minum berkualitas guna menjaga badan tetap sehat sehingga kuat beraktivitas seharian [2].

Kebutuhan ini diimbangi dengan air mineral yang mudah didapatkan, namun harus dengan beberapa jenis mineral bermanfaat bagi tubuh. Apa saja kandungan mineral yang wajib terdapat di air minum?

  1. Kalsium (Ca)

Tubuh yang membutuhkan mineral guna menjaga metabolisme tubuh bisa didapatkan dari air mineral. Pada air minum berkualitas biasanya akan terdapat kandungan kalsium.

Zat yang kerap terdapat di susu ini merupakan kandungan murni sekaligus andalan pada produk susu. Fungsi dari kalsium sendiri menjaga dan menyehatkan pembentukan tulang dan gigi [1].

Saat kekurangan asupan kalsium maka tubuh rentang mengalami berbagai penyakit tulang seperti osteoporosis. Maka dari itu diperlukan asupan air minum berkualitas yang biasanya memiliki kandungan kalsium.

  1. Natrium (Na)

Natrium sendiri merupakan mineral bermanfaat serta elektrolit yang sangat dibutuhkan untuk fungsi tubuh yang normal. Sebesar 85% natrium dalam tubuh ditemukan pada darah dan getah cairan bening [1].

Kandungan mineral ini membantu dalam menjaga keseimbangan tubuh serta menjaga cairan tubuh. Fungsi lain dari Natrium adalah menjaga kerja otot dan saraf tetap cekatan serta berfungsi optimal.

  1. Magnesium (Mg)

Kekurangan kandungan mineral pada tubuh untuk hal satu ini sangat vital karena resiko penyakit jantung koroner serta diabetes tipe 2 berasal dari kurangnya asupan magnesium.

Pasalnya, magnesium berfungsi sebagai zat pembentuk darah merah yang mampu mengikat oksigen dan hemoglobin menyalur ke seluruh aliran tubuh. Mineral ini juga berperan sebagai kofaktor enzim atau pendorong kinerja otot dan saraf [1].

  1. Zinc (Zn)

Meski jarang terdengar rupanya Zinc merupakan mineral penting yang wajib ada di air minum. Fungsinya pun sangat vital yaitu menjaga fungsi membran, sistem imun, serta sebagai antioksidan.

Kekurangan zinc sendiri pada tubuh dapat menyebabkan penyakit seperti gangguan kulit, turunnya kadar kolesterol hingga nafsu makan yang menurun [1].

Peran yang dihadirkan dari zinc sendiri sebagai stimulan agar tubuh mau menerima asupan gizi dan nutrisi yang seimbang dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

  1. Kalium (K)

Jenis mineral terakhir yang wajib terdapat pada air minum adalah kalium. Merupakan zat yang dibutuhkan untuk pembentukan aktvitias otot jantung, regulasi osmosis, fungsi otot dan saraf, kofaktor enzim serta metabolisme energi [3].

Efek dari kekurangan asupan ini adalah diare, muntah, lemas, minim nutrisi otot serta tekanan darah yang menurun [3].

Kandungan ini penting agar kinerja otot dan saraf dapat bekerja sesuai ekspektasi. Kebutuhan yang tinggi dan aktivitas yang padat memacu peningkatan kualitas tubuh.

Kebutuhan mineral sendiri lebih kompleks dari 5 jenis yang disebutkan karena ada unsur lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Zat Besi (Fe), Iodium (I), Selenium (Se), Flourida (F), Klorida (Cl) dan lain sebagainya [1].

Semua mineral memang sama baiknya bagi tubuh, apalagi fungsinya untuk menunjang kesehatan. Maka dari itu dibutuhkan air mineral berkualitas untuk meningkatkan produktivitas serta aktivitas yang lebih produktif.

AQUA menjaga kualitas air minum pegunungan di setiap tetesnya dengan segudang manfaat yang kaya akan mineral. Kebutuhan air minum yang sudah terpercaya lebih dari 45 tahun menandakan keseriusan AQUA dalam menjaga cairan tubuh tetap terjaga [4]. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Maka dari itu percayakan kesehatan air mineral dengan konsumsi AQUA setiap hari. Jadi kamu sudah minum AQUA belum hari ini?

Referensi:

  1. https://www.halodoc.com/artikel/10-jenis-mineral-dan-manfaatnya-bagi-tubuh
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3394465/kenali-ciri-ciri-air-minum-yang-layak-konsumsi
  3. https://www.sehataqua.co.id/organ-organ-ini-tak-bisa-hidup-tanpa-air/
  4. https://www.sehataqua.co.id/kesehatan-keluarga-dimulai-dari-air-mineral-berkualitas

Related posts