Yuliana mengeluh di sebuah forum kecantikan. Mengapa setelah pakai masker, alih-alih kulit wajah jadi mulus dan kinclong, hasilnya malah kering seperti tanah gersang yang merindu hujan. Postingan itu langsung mendapat puluhan komentar. Mayoritas menyebut Yuliana pasti melakukan kesalahan prosedur.

Seperti Yuliana, kita bisa saja tak memahami aturan pakai yang tepat saat mengaplikasikan masker wajah. Setidaknya ada 4 kesalahan yang bisa saja kita lakukan, tanpa sengaja.

  1. Lupa Cuci Tangan

Tampak sepele, tapi kebersihan tangan perlu diperhatikan saat kita ingin memakai masker wajah. Tangan yang kotor pasti membawa kuman dan bakteri. Akhirnya tercampur ke larutan masker saat kita mengoleskannya ke wajah. Kita tak pernah tahu reaksi apa yang terjadi, yang pasti kebersihan wajah setelah memakai masker bakal berkurang dampaknya. Jadi, jangan pernah lupa cuci tangan yang bersih sebelum ritual maskeran.

  1. Tidak Pakai Cleansing

Jangan pernah malas membersihkan wajah sebelum pakai masker. Kita tak pernah tahu kondisi wajah saat itu. Walau seharian di rumah, debu dan polusi tetap saja memengaruhi. Terlebih, kalau kita baru saja pulang dari aktivitas. Make up di wajah harus dibersihkan dahulu.

Membersihkan wajah fungsinya untuk mendapatkan kulit yang higienis, sekaligus membuat kerja masker bisa maksimal. Maka, sebelum pakai masker bersihkan dulu wajah dengan facial wash dan toner. Masih terasa kurang bersih? Lakukan double cleansing sehingga zat-zat bermanfaat masker dapat terserap optimal pada kulit.

  1. Terlalu Lama Pakai Masker

Bisa jadi kita berpikir, seperti Yuliana, makin lama masker menempel di kulit wajah, hasilnya bakal maksimal karena kulit terlindungi berjam-jam. Padahal, aturan pakai masker umumnya hanya 10-15 menit. Terlalu lama membiarkan masker malah membuat kulit kering dan iritasi.

“Masker mengandung substansi iritan seperti asam glycolic, dan bisa menyebabkan dermatitis,” demikian ahli kesehatan kulit Dr. Daron Seukeran memberi peringatan, seperti ditulis Metro.

Masker yang menempel pada kulit selama berjam-jam mengakibatkan kandungan air di wajah kita diserap habis, sehingga kulit kita kering. Inilah yang dialami Yuliana pada forum di awal tulisan.

  1. Tak Mengerti Masker yang Sesuai Jenis Kulit

Kulit manusia terdiri atas lima jenis, yakni: kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan kulit sensitif. Berarti, kita mesti kenal dulu jenis kulit yang dimiliki sebelum memilih masker.

Bagi pemilik kulit normal bebas memakai jenis apa pun masker di pasaran. Mau clay mask, sheet mask, masker krim, silakan saja. Tapi kalau jenis kulit kita termasuk kering, sebaiknya cari masker dengan kelembapan ekstra. Misalnya peel-off mask, sheet mask, firming mask, atau masker alami dari buah-buahan.

Sementara pemilik kulit berminyak, sebaiknya memakai clay mask maupun charcoal mask. Memilih masker dari buah atau sayuran juga boleh, asalkan masih segar. Untuk kulit kombinasi, perlakuannya serupa dengan pemilik kulit berminyak.

Terakhir, pemilik kulit sensitif sebaiknya menggunakan masker yang mengandung mineral alami. Bisa juga memakai masker berbahan teh hijau, atau purifying mask yang cukup aman bagi kulit.